Cara Mengatasi Semua Sensor Mati di Xiaomi Redmi Note 4/4X (Mido)

Sensor Xiaomi Redmi Note 4/4x tidak berfungsi – Seperti yang kita ketahui, Xiaomi Redmi 4/4x memiliki beberapa sensor dengan fungsi yang berbeda-beda. Di antaranya yaitu: Accelerometer, Proximity, Compas, Fingerprint, Gyroscope, dan lain-lain.

Bagaimana jika semua atau beberapa sensor mati? tentu hal tersebut akan mengganggu fungsi dari smartphone itu sendiri. Misalnya jika sensor Accelerometer mati, kita tidak bisa memotret foto secara landscape atau tidak bisa memutar rotasi layar secara otomatis.

Apa yang menyebabkan sensor menjadi mati?

Berdasarkan informasi yang admin dapatkan dari forum atau komunitas Xiaomi, banyak yang mengalami hal serupa. Beberapa penyebabnya yaitu melakukan hard reset, melakukan flash ROM, unlock Mi Cloud, dan kegiatan lainnya yang mengakibatkan masalah pada software yang mengoperasikan sensor tersebut.

Kamu bisa melihat bahwa semua sensor pada Xiaomi Redmi Note 4 tidak berfungsi sama sekali, seperti yang ditampilkan oleh aplikasi Sensor Box berikut ini:

cara mengatasi semua sensor mati di xiaomi redmi note 4

Nah, buat kamu yang mengalami hal serupa pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4/4x, kamu tak perlu khawatir karena pada postingan kali ini admin akan menjelaskan cara memperbaiki sensor yang tidak berfungsi atau mati dengan mudah.

Berikut bahan-bahan yang harus kamu persiapkan:

Persyaratan:

Bootloader smartphone kamu harus dalam keadaan terbuka, jika bootloader-nya masih berstatus terkunci (locked), kamu harus melakukan unlock bootloader terlebih dahulu. Caranya bisa kamu searching di Google.

Untuk mengetahui apakah bootloader-nya sudah ter-unlock atau belum, silakan cek di Setelan -> Setelan Tambahan -> Opsi Pengembang. Jika ada tulisan “Kunci terbuka” pada Status Mi Unlock, berarti bootloadernya sudah terbuka seperti gambar di bawah ini:

cara mengatasi semua sensor mati di xiaomi redmi note 4

Untuk masuk ke Opsi Pengembang silakan ikuti tutorial ini: Cara Masuk ke menu Opsi Pengembang di Android

Oke, jika semua persyiaratan dan bahan-bahannya sudah terpenuhi, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Sensor Mati di Xiaomi Redmi Note 4/4X

  1. Pertama-tama matikan smartphone kamu terlebih dahulu
  2. Ekstrak file minimal adb fastboot yang telah didownload tadi, lalu install file driver-nya di komputer kamu.
  3. Ekstrak juga file Fix Sensor yang telah didownload tadi, lalu buka folder hasil ekstrak-nya
  4. Beralih ke hp Xiaomi, masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan sampai muncul logo boneka lagi ngelas robot hijau, lalu lepas kedua tombolnya
  5. Setelah masuk ke mode fasboot, hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB
  6. Beralih ke komputer, buka Command prompt (CMD) di dalam folder Fix Sensor tadi. Caranya, masuk ke folder Fix Sensor -> tekan dan tahan tombol Shift di keyboard -> klik kanan mouse pada area yang kosong -> pilih Open command prompt here. Sehingga muncul jendela Command promt berwarna hitam
  7. Cek apakah smartphone telah terkoneksi dengan komputer. Caranya ketikkan perintah “fastboot devices” (tanpa tanda kutip) di dalam jendela Command prompt, lalu tekan Enter
  8. Jika smartphone terdeteksi, akan muncul tulisan berupa kombinasi angka dan huruf di bagian bawahnya
  9. Selanjutnya ketikkan perintah “ fastboot flash persist persist.img” dan tekan Enter. Tunggu hingga muncul tulisan OKAY
  10. Reboot smartphone android dengan mengetikkan perintah “ fastboot reboot” dan tekan Enter. Maka smartphone akan restart dan masuk ke menu utama
  11. Selesai.

Sampai di sini kita telah berhasil memperbaiki semua sensor yang telah mati sebelumnya. Untuk memastikannya sudah berfungsi atau belum, silakan kamu tes secara menual atau bisa juga mendownload aplikasi yang bernama Sensor Box.

Jika tutorial di atas kurang jelas, kamu bisa menonton video tutorialnya di bawah ini:

Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis komentarmu pada kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi dan sumber gambar:

  • www.magelangflasher.com
  • https://www.youtube.com/watch?v=TZLqev-AHL4
Bagikan:

6 Comments on “Cara Mengatasi Semua Sensor Mati di Xiaomi Redmi Note 4/4X (Mido)”

  1. halo , saya ingin memasang iklan di Konyoha.
    apa anda menyediakan space untuk iklan? jika anda menyediakannya , silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail,com .

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *