Cara Terbaru Mengembalikan Akun Gmail Yang Lupa Password di Android & PC

Gmail merupakan layanan E-mail paling populer saat ini yang dibuat oleh perusahaan raksasa Google. Jika kamu pengguna smartphone Android, pasti tidak asing lagi dengan layanan Email yang satu ini. Yup, Google mengharuskan setiap pengguna android untuk memiliki akun Google agar bisa terhubung ke semua layanannya.

Cukup dengan satu akun Google, kita bisa menikmati semua layanannya seperti Gmail, YouTube, Google+, Google Drive, Google Maps, dan masih banyak lagi. Namun yang namanya akun tentu kita pernah mengalami masalah seperti lupa kata sandi atau lupa password. Tentu hal tersebut bisa membuat kita frustasi, terlebih jika akun tersebut menyimpan banyak sekali akun penting seperti Channel YouTube atau akun terkait dengan layanan Google lainnya.

Tetapi jangan bersedih dulu, karena Google menyediakan fitur reset password bagi yang lupa kata sandi akun Google. Untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan langkah demi langkah cara reset password akun gmail di android atau PC. Dijamin akun kamu akan kembali setelah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Cara Reset Password Akun Gmail Dengan Mudah

Untuk mengatasi masalah semacam ini, Google selaku pemilik layanan telah menyediakan beberapa cara untuk membantu penggunanya mendapatkan kembali akun miliknya. Beberapa metode yang dapat kita lakukan yaitu dengan melakukan verifikasi lewat nomor hp, verifikasi lewat email pemulihan, menjawab pertanyaan, dan lain-lain. Oke, untuk itu mari kita coba satu per satu.

1. Reset Password Menggunakan Nomor HP

Perlu dicatat bahwa cara ini akan berhasil jika kamu sudah pernah memasukkan nomor hp yang masih aktif sebagai metode verifikasi. Biasanya ini dilakukan pada saat membuat akun baru. Jika sebelumnya kamu tidak pernah memasukkan nomor hp untuk verifikasi, maka cara ini tidak akan berhasil. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi web browser (Chrome, Mozilla, atau Opera) di smartphone atau komputer kamu.
  • Setelah itu masuk ke halaman login Gmail dengan mengklik link ini https://mail.google.com
  • Masukkan alamat email yang akan kamu reset password-nya, klik tombol Berikutnya.
  • Pada halaman berikutnya klik menu Lupa sandi?
  • Maka kamu akan diminta memasukkan sandi yang pernah kamu pakai sebelumnya. Jika tidak ingat, maka lanjut ke pilihan lain dengan meng-klik Coba pertanyaan lain sampai kamu menemukan metode verifikasi lewat nomor hp.
  • Pastikan nomor yang tertera sedang dalam keadaan aktif, lalu klik tombol Kirim SMS.
  • Periksa smartphone kamu dan lihat kode yang dikirim lewat SMS.
  • Masukkan kode verifikasi tersebut pada kotak yang disediakan, lalu tekan tombol Berikutnya.
  • Terakhir, buatlah sandi baru yang aman dan mudah diingat, lalu tekan tombol Ubah sandi.

 

2. Reset Password Menggunakan Email Pemulihan

Demi keamanan, Google menyediakan opsi email pemulihan yang dapat dimanfaatkan jika suatu saat kamu lupa kata sandi akun Google, dengan catatan email tersebut bisa kamu akses. Jadi nantinya Google akan mengirim kode verifikasi ke alamat email pemulihan tersebut. Jika kamu tidak pernah memasukkan email pemulihan sebelumnya, maka cara ini tidak akan berhasil. Berikut caranya:

  • Pada halaman Lupa sandi seperti langkah sebelumnya, pilih metode Email pemulihan.
  • Pada halaman Email pemulihan, klik tombol Kirim.
  • Setelah itu silakan dicek email kamu, di sana akan ada sebuah email masuk yang berisi kode verifikasi.
  • Masukkan kode verifikasi 6 digit tersebut pada kotak yang disediakan, lalu tekan tombol Berikutnya.
  • Terakhir, silakan ganti password akun Google kamu dengan yang baru dan mudah diingat.

Bagaimana jika sebelumnya kamu tidak pernah memasukkan nomor hp atau alamat email pemulihan? Tidak usah panik, Google paham betul masalah yang dialami penggunanya. Kita dapat memilih opsi lainnya seperti menjawab beberapa pertanyaan rahasia, atau perintah login jika email kamu masih dalam keadaan login di smartphone android mu.

Baca juga: Cara Mengganti Password Akun Gmail Lewat Android & PC

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengembalikan akun Gmail yang lupa password di android dan PC. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semua. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan ditulis pada kolom komentar yang disediakan di bawah.

Referensi

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *