Cara Mudah Mengendalikan HP Android Jarak Jauh Lewat Komputer (AirDroid)

Di antara kamu semua pasti pernah tidak sengaja meninggalkan smartphone pada saat bepergian ke luar rumah, misalnya pergi ke kantor atau kampus dengan terburu-buru. Padahal kita sangat membutuhkannya untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan smartphone. Jika kamu sedang berada di situasi seperti itu pastinya kamu merasa kesal sekali bukan?

Jika kamu sering lupa membawa HP saat bepergian ke luar rumah bukan berarti kamu tidak bisa mengakses HP tersebut dari jarak jauh lho. Karena saat ini ada sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengendalikan smartphone android dari jarak jauh hanya lewat komputer. Yap, cukup bermodalkan sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet, kita sudah bisa me-remote atau mengontrol HP android secara penuh. Bagaimana caranya? Langsung saja disimak tutorial di bawah ini yuk.

Cara Mengendalikan (remote) HP Android Dari Jarak Jauh Lewat Komputer

Untuk bisa mengakses smartphone dari jarak jauh secara penuh kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama AirDroid. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengendalikan smartphone lewat komputer menggunakan koneksi internet. Jadi, kita bisa mengirim sms, membalas chat BBM, melihat log panggilan dan masih banyak lagi. Dengan kata lain kita bisa mengakses smartphone tersebut secara penuh.

Catatan:

  • Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah smartphone android kamu harus dalam keadaan root. Jika HP android kamu belum di-root, silakan root terlebih dahulu. Jika kamu belum tau caranya, silakan cari di google misalnya: “Cara root lenovo A328”.
  • Syarat yang ke dua adalah smartphone dan komputer tentunya harus terhubung dengan internet.

Setelah beberapa persyaratan di atas sudah terpenuhi, maka langsung saja kita menuju ke tutorialnya sebagai berikut:

1. Download dan install aplikasi AirDroid di hp android kamu langsung dari Google Play Store.

2. Setelah diinstall langsung saja dibuka aplikasinya dan akan tampil seperti gambar di bawah ini. Di sini terdapat beberapa metode untuk Sign in ke AirDroid, yakni menggunakan akun Facebook, Google+ atau mendaftar akun AirDroid baru. Silakan dipilih sesuai keinginan kamu.

cara mengendalikan hp android lewat komputer

3. Setelah berhasil masuk ke aplikasi AirDroid, selanjutnya kita beralih ke komputer. Download aplikasi AirDroid untuk komputer windows langsung dari situs resminya di https://www.airdroid.com/ kemudian install seperti biasa. Selanjutnya jalankan aplikasinya kemudian silakan Sign in dengan akun yang sama seperti di HP android kamu.

cara mengendalikan hp android lewat komputer

4. Setelah berhasil Sign in di komputer, selanjutnya kita beralih ke HP android. Masuk ke menu Settings -> Notification Mirror Service lalu pilih AirDroid Notification. Jika muncul dialog untuk meminta akses root, silakan pilih izinkan (Allow).

cara mengendalikan hp android lewat komputer

6. Pada tahap ini kita sudah bisa mengontrol smartphone dari jarak jauh. Untuk mengendalikan HP android kamu secara penuh melalui komputer, klik menu AirMirror di komputer, lalu tunggu proses menghubungkan sehingga akan muncul tampilan layar smartphone android kamu di layar komputer.

cara mengendalikan hp android lewat komputer

Penting:Untuk bisa mengendalikan smartphone lewat komputer dengan lancar, koneksi internet HP maupun komputer harus dalam keadaan baik tanpa gangguan jaringan sedikitpun.

Baca juga:

Dengan aplikasi AirDroid ini kita tidak hanya bisa memantau aktifitas smartohone, kita bisa membalas SMS, BBM, Browsing, bahkan kita juga bisa memainkan game yang ada di HP tersebut. Dengan kata lain, kita mendapatkan kontrol secara penuh terhadap smartphone tersebut.

Itulah tutorial tentang cara mengendalikan HP android dari jarak jauh lewat komputer. Mudah sekali, bukan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua terutama buat kamu yang sering lupa membawa HP pada saat bepergian, selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *