Cara Menggabungkan Beberapa Video Menjadi Satu di PC dengan Mudah

Salah satu proses editing video yang sering dilakukan adalah menggabungkan beberapa potongan video menjadi satu. Entah itu untuk membuat film, sinematik, atau yang lainnya.

Untuk melakukan hal ini yang kita butuhkan adalah software editing video misalnya Adobe Premiere Pro yang sangat populer saat ini, selain itu ada juga beberapa software gratis yang tak kalah powerfull dari software berbayar, misalnya Lightworks, OpenShot, dll.

Tutorial Menggabungkan 2 Video atau Lebih Menjadi 1 Untuk Pemula

Nah, pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan bagaimana cara menggabungkan beberapa video menajdi satu di komputer PC atau Laptop. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka yang memang sudah lama berkecimpung di bidang multimedia. Tetapi tidak menutup kemungkinan orang awam atau pemula untuk melakukannya.

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, hal yang harus kita persiapkan adalah software untuk mengedit video. Salah satu software gratis yang mudah digunakan untuk pemula adalah OpenShot. Untuk softwarenya sendiri bisa kamu download pada situs resminya di https://www.openshot.org/download/. Setelah didownload, silakan install aplikasinya seperti biasa.

Berikut Langkah-langkah cara menggabungkan beberapa video menjadi satu:

1. Pertama sekali buka aplikasi OpenShot di komputer kamu.

2. Setelah itu kita harus meng-import beberapa potongan video yang ingin digabungkan tersebut. Pada bagian Project Files, klik kanan pada area yang kosong dan pilih Import Files.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu

3. Akan muncul sebuah jendela Import Files, cari lokasi di mana kamu menyimpan videonya. Setelah ditemukan, klik videonya dan klik tombol Open.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 2

4. File-file yang telah di-import akan tampil pada bagian Project Files. Seperti gambar di bawah ini terdapat 3 file video (video 0, video 2, video 3) yang akan kita gabungkan menjadi satu.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 3

5. Selanjutnya sediakanlah satu buah track saja untuk menyusun potongan video tadi. Jika terdapat lebih dari satu track, silakan dihapus track yang tidak perlu.

6. Klik dan tahan video 1, lalu tarik ke track yang disediakan tadi. Posisikan video 1 ke bagian paling kiri (detik 0).

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 4

7. Selanjutnya lakukan juga hal yang sama terhadap video 2 dan video 3 secara berurutan. Sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 5

8. Setelah penyusunan video dilakukan, kamu bisa melihat preview (hasil video) sebelum melakukan Export video.

9. Setelah videonya dirasa sudah pas, kini saatnya kita melakukan Export atau menyimpan hasilnya. Caranya klik ikon bulat warna merah pada bagian atas aplikasi.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 6

10. Setelah itu akan muncul sebuah jendela dimana kita bisa menuliskan nama file video, lokasi, format video, resolusi, hingga kualitas video. Silakan diisi sesuai dengan kebutuhanmu. Kemudian klik Export Video.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 7

11. Tunggu proses Export sampai selesai, biasanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran video itu sendiri dan juga spesifikasi komputer yang kita gunakan.

Lihat juga:

Sampai di sini kita telah berhasil menggabungkan beberapa video menjadi satu menggunakan aplikasi OpenShot. Untuk melihat hasilnya, silakan buka folder di mana lokasi yang kamu atur pada saat melakukan Export Video tadi.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Sekian dulu tutorial tentang cara menggabungkan 2 video (lebih) menjadi 1 di komputer PC atau laptop. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *