Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan ‘Bloatware’ Android Tanpa Root

Aplikasi bawaan android atau yang dikenal dengan sebutan bloatware adalah software yang secara default ter-install pada smartphone. Biasanya bloatware ini sengaja disematkan oleh si pembuat ponsel, baik itu aplikasi besutan vendor smartphone itu sendiri, maupun aplikasi sponsor lainnya.

Biasanya aplikasi bawaan smartphone tersebut rata-rata sama sekali tidak berguna, melainkan hanya memperlambat kinerja smartphone dan mengkonsumsi banyak space untuk datanya. Dan yang paling membuat kita kesal adalah aplikasi bloatware tersebut tidak bisa di-uninstall seperti aplikasi lain pada umumnya.

Untuk itu pada artikel kali ini admin akan membahas langkah-langkah bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan sistem android tanpa root maupun dalam keadaan root. Cara ini bisa kamu terapkan pada hp android merk Samsung, Sony, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, dan merk lainnya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

 

Tanpa Root

Biasanya smartphone android yang sudah root bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan dengan bantuan aplikasi. Namun kamu jangan bersedih dulu jika android belum di-root, karena ada cara lain yang dapat kita laukan dengan sangat mudah. Yaitu dengan bantuan komputer PC atau laptop. Berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama kita harus mengaktifkan fitur Developer option di android terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti tutorialnya berikut ini: Cara Mengaktifkan Developer Option di Android.

2. Setelah aktif, kita juga harus mengaktifkan fitur USB Debugging. Silakan baca: Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android.

3. Beralih ke perangkat komputer, download dan install aplikasi Debloater di komputer Windows kamu. Download melalui link ini: http://debloater.en.lo4d.com/

4. Setelah di-install, sambungkan hp android ke PC dengan kabel USB. Setelah itu buka aplikasi Debloater.

5. Jika ponsel kamu terdeteksi, akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini. Kita cukup meng-klik tombol Ok untuk melanjutkan.

cara menghapus aplikasi bawaan android

6. Selanjutnya klik tombol Read Phone Packages di pojok kiri atas, lalu program akan memproses semua aplikasi yang terinstall di smartphone kamu.

cara menghapus aplikasi bawaan android

7. Setelah proses selesai, berikutnya centang aplikasi yang akan kamu hapus lalu klik tombol Apply, maka semua aplikasi yang kamu tandai akan diblokir dari perangkat androidmu.

cara menghapus aplikasi bawaan android

Sampai di sini langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan sudah selesai. Tetapi jika kamu merasa salah menandai aplikasi dan ingin membatalkan proses silakan diulangi cara di atas, lalu hilangkan tanda centang pada aplikasi.

Catatan: Mungkin untuk beberapa merk dan tipe smartphone tidak support dengan aplikasi ini.

 

Dengan Root

Jika android kamu sudah dalam keadaan root, maka akan lebih mudah dan cepat untuk menghapus aplikasi bawaan. Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu System App Remover. Berikut tutorialnya:

1. Syarat pertama tentu smartphone android harus dalam keadaan root. Jika belum, silakan kamu baca Cara Root Semua Tipe Android Tanpa PC.

2. Download aplikasi System App Remover langsung dari Play Store, atau klik link ini.
3. Jalankan aplikasinya, jika SuperSU meminta akses root langsung saja tekan tombol Ijinkan (Grant).

cara menghapus aplikasi bawaan android

4. Selanjutnya kita tinggal pilih dan menandai aplikasi yang ingin kita hapus, jika sudah tekan tombol Cabut pemasangan (Uninstall).

cara menghapus aplikasi bawaan android

5. Setelah itu akan muncul jendela pop-up, silakan pilih Yes dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Catatan: Sebelum menghapus aplikasi sistem, diharapkan kamu mengetahui dahulu fungsi dari aplikasi tersebut. Jika salah hapus, bisa mengakibatkan gangguan pada sistem. Kami tidak bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa android kamu.

Sekian tutorial tentang cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus yang bisa kamu coba. Tentu cara ini akan meringankan beban smartphone dan ruang penyimpanan akan lebih lega dari biasanya. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ya, selamat mencoba.

Bagikan:

2 Comments on “Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan ‘Bloatware’ Android Tanpa Root”

  1. kak kenapa saya downld framaroot selalu gagal, dengan keterangan
    "installation blocked"
    this app contains code that attempts to bypass anderoit's security protections

    Apa ada yg salah dengan setingannya ya kak?

    Di hp saya ada app tak dikenal dan mencurigakan dan juga ga bisa di hapus, setelah munculnya aplikasi mencurigakan ini hp saya selalu muncul iklan2 / app lain bersliweran.

    Bagaimna caranya agar hp saya normal kembali kak ?

    1. Pada saat install framaroot, biasanya akan muncul pemberitahuan "aplikasi ini berisi kode yang mencoba untuk memotong keamanan keamanan", tekan saja izinkan mbak.

      Kalo hp android sering muncul iklan di mana-mana dan ada aplikasi mencurigakan, kemungkinan besar androidnya udah terkena Adware atau sejenisnya mbak.

      Saya sarankan untuk melakukan factory reset androidnya lewat recovery mode, agar semua virus hilang sampai ke akar-akarnya. Silakan mbak baca: http://www.konyoha.com/2017/05/cara-reset-ulang-factory-reset-android.html

      Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *