Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB atau WiFi Untuk Internetan di PC

Koneksi internet memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib kita penuhi dalam melakukan beberapa kegiatan. Apa lagi bagi anak muda jaman sekarang, tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya internet. Namun, bagi yang menggunakan laptop atau komputer PC, tentu tidak semua orang yang bisa menikmati jaringan internet mengingat mahalnya biaya berlangganannya jaringan seperti Speedy dan lain-lain.

Sebenarnya untuk bisa berselancar di internet menggunakan komputer PC atau laptop bisa dilakukan menggunakan modem. Modem merupakan perangkat alternatif bagi yang tidak memiliki jaringan speedy di rumahnya, cukup dengan membeli kuota internet melalui beberapa provider, kita sudah bisa internetan ria di laptop atau PC.

Namun jika kamu juga tidak memiliki modem, bukan berarti kamu tidak bisa internetan di komputer lho. Cukup bermodalkan HP android dan menjadikannya sebagai modem USB maupun WiFi, kita sudah bisa berinternetan menggunakan komputer PC atau laptop. Nah, kamu penasaran bagaimana cara merubah HP android menjadi modem USB atau WiFi? Untuk itu silakan disimak tutorialnya di bawah ini.

Pada umumnya semua smartphone android seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus, Sony, Oppo, Huawai dan lainnya sudah dibenamkan fitur Tathering ( sharing koneksi internet melalui WiFi dan USB) di dalamnya. Sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ke-3 untuk membuat modem dengan hp android.

Buat kamu yang sudah lama menggunakan android pasti sering menggunakan fitur ini. Namun jika kamu baru menggunakan hp android pasti bingung bagaimana caranya. Maka dari itu artikel ini bukan ditujukan untuk yang sudah mahir, melainkan mereka yang masih awam dan belum tau sama sekali dengan fitur-fitur tersembunyi di dalamnya.

Persyaratan Sebelum Merubah HP Android Menjadi Modem:

  • Pertama sekali pastikan kamu memiliki paket internet atau kuota terlebih dahulu. Yup, tanpa adanya paket internet, komputer atau laptop kamu tidak akan bisa dipakai untuk browsing dan lain-lain.
  • Jika kamu ingin menjadikan android sebagai modem menggunakan kabel data (USB), kamu harus memiliki kabel USB tersebut dan pastikan tidak ada masalah dengan kabelnya.

 

#1. Menjadikan HP Android Sebagai Modem WiFi

1. Pertama kali silakan dinyalakan koneksi internet di HP android kamu terlebih dahulu.

2. Setelah itu masuk ke menu Setelan (Settings) -> Selengkapnya -> Tethering & Portable Hostpot -> pilih Hotspot Wi-Fi -> lalu pilih Siapkan hotspot Wi-Fi. Lalu akan muncul menu settingan hotspot di android seperti gambar di bawah.

cara menjadikan android sebagai modem

Pada kolom SSID jaringan silakan dimasukkan nama jaringan hotspot sesuai dengan keinginan kamu. Pada kolom keamanan pilih WPA2 PSK, lalu pada kolom sandi (password) silakan masukkan password yang aman agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Setelah selesai, pilih tombol simpan. Selengkapnya perhatikan gambar di atas.

3. Setelah settingan jaringan hotspot selesai, selanjutnya tekan tombol ON untuk mulai menyalakan wifi hotspot, sehingga ada pemberitahuan bahwa wifi hotspot sudah siap digunakan.

cara menjadikan android sebagai modem

Sampai di sini HP android kamu sudah berhasil dijadikan sebagai modem WiFi (hotspot). Silakan dibuka laptop kamu dan hubungkan ke jaringan wifi yang kita buat tadi. Selamat, kamu sudah bisa internetan menggunakan laptop. Tetapi jika kamu menggunakan komputer PC, kita tidak bisa menggunakan cara ini karena pada umumnya komputer PC tidak menyediakan koneksi WiFi. Lalu apa yang harus kita lakukan? Tenang saja, kita bisa merubah HP android menjadi modem USB. Untuk itu silakan dipraktekkan tutorialnya di bawah ini.

#2. Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB

1. Pertama kali pastikan bahwa kamu sudah memiliki kabel data (USB) terlebih dahulu.

2. Colokkan kabel data USB ke perangkat smartphone dan juga ke perangkat komputer PC. Lalu akan muncul di beberapa pilihan di HP android kamu, di antaranya yaitu: Penyimpanan USB, Perangkat media (MTP), Kamera (PTP), Hanya isi daya, dan CD-ROM Internal. Silakan pilih Penyimpanan USB atau lihat gambar di bawah ini.

cara menjadikan android sebagai modem

3. Selanjutnya kita masuk ke menu Setelan (Settings) -> Selengkapnya -> lalu pilih Internet USB. Setelah itu pilih versi sistem PC kamu, apakah kamu menggunakan Windows XP, Windows Vista, Windows 7, atau Windows 8. Setelah itu pilih tombol Selanjutnya dan pilih Selesai.

cara menjadikan android sebagai modem

4. Maka secara otomatis komputer akan menginstall driver-nya. Setelah selesai di-install maka komputer PC kamu akan otomatis terhubung ke internet.

Sampai tahap ini kita sudah bisa berselancar di internet menggunakan perangkat PC atau laptop. Cukup bermodalkan smartphone androdi, kita tidak perlu lagi membeli modem yang harganya cukup mahal yakni berkisar antara 200 ribu –  350 ribu-an. Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan tentang merubah HP android menjadi modem ini, selengkapnya silakan kamu baca di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Android Sebagai Modem

Kelebihan:

  • Mudah, cepat dan tentunya lebih murah karena kita tidak perlu lagi membeli modem.
  • Bisa dikelola atau diatur berapa banyak perangkat yang bisa terhubung.
  • Bisa melakukan pembatasan kecepatan internet, jadi bagi yang pengen irit kuota kita bisa mengatur kecepatan transfer (bandwidth) dari koneksi internet.

Kekurangan:

  • Jika menjadikan android sebagai modem wifi (tethering) secara terus menerus, maka akan membuat hp menjadi panas, dan juga baterai hp menjadi cepat habis karena konsumsi daya yang tinggi. Penggunaan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan baterai smartphone menjadi bocor atau cepat habis.
  • Jika menjadikan hp android menjadi modem USB maka secara otomatis baterai akan terisi. Jika dibiarkan hingga penuh dan dipakai terus-menerus akan berdampak buruk terhadap daya tahan baterai.

Itulah tutorial tentang cara menjadikan hp android sebagai modem USB atau WiFi Tethering. Cara ini bisa menjadi alternatif jika kamu sangat membutuhkan koneksi internet di laptop namun tidak memiliki modem. Perlu dicatat bahwa langkah-langkah di atas bisa jadi sedikit berbeda di tiap-tiap smartphone. Karena disebabkan oleh perbedaan merk dan tipe hp. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan artikel ini, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ya.

Baca juga:

Bagikan:

2 Comments on “Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB atau WiFi Untuk Internetan di PC”

    1. Mungkin smartphone androidnya gak support mas, karena memang gak semua merk menyediakan fitur ini.
      Mungkin bisa dicoba menggunakan aplikasi tathering USB pihak ketiga di Google Play Store (jika ada).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *