Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Digital Satelite Parabola (DVB)

Pada artikel sebelumnya Konyoha sudah membahas tutorial tentang cara menjadikan android sebagai remote tv. Nah, masih pada pembahasan yang hampir sama, kali ini kita akan mencoba untuk menjadikan android sebagai remote digital satelite, box, atau DVB untuk semua merek dan jenisnya.

Tentu syarat utama yang harus kita penuhi agar cara ini bisa berhasil adalah smartphone android harus memiliki fitur infrared (inframerah). Karena pada umumnya remote digital atau TV menggunakan infrared untuk berkomunikasi.

Selain fitur inframerah, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Mi Remote. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, cukup sekali tekan langsung konek dan tanpa ribet. Selain mudah digunakan, aplikasi ini bisa mengubah hp android kita menjadi remote untuk beberapa perangkat elektronik lainnya seperti:

  • TV
  • Set-top box
  • AC
  • Kipas angin
  • A/V receiver
  • DVD player
  • Projector
  • Digital satelite
  • Kamera

Keren kan? Cukup dengan satu aplikasi kita bisa menjadikan hp android sebagai remote untuk hampir semua barang elektronik rumah tangga. Oke, untuk itu langsung saja kita praktekkan pada smartphone android masing-masing ya.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Remote Digital Satelite Box

Pada contoh ini admin mempraktekkannya pada hp Xiaomi Redmi 4A dan Digital Satelite merek GOLDSAT. Untuk hp android merek lain seperti Samsung, Asus, Sony, Lenovo, Huawei, Oppo dan lain-lain silakan dicoba dulu. Jika aplikasi ini tidak support, silakan gunakan aplikasi lain yang support dengan smartphone kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama sekali silakan unduh aplikasi Mi Remote langsung dari Google Play Store

2. Setelah berhasil diunduh, langsung jalankan aplikasinya untuk membuat pengaturan remote baru. Pilih Tambah remote lalu pilih Cable/Satelite box, kemudian pilih China Satelites.

cara menjadikan android sebagai remote digital satelite receiver

3. Selanjutnya kita masuk pada tahap konfigurasi otomatis untuk perangkat satelite box yang kita gunakan. Untuk mengujinya arahkan smartphone kamu ke satelite box, lalu tekan dan tahan tombol power besar yang ada di aplikasi. Jika satelite box kamu sudah mati, lalu lepas tombol power tersebut kemudian pilih Ya. Terakhir, simpan pengaturan remote dengan menginputkan nama dan pilih Berhasil dipasangkan.

cara menjadikan android sebagai remote digital satelite receiver

4. Selamat, sekarang kamu sudah bisa mengontrol satelite box sepenuhnya menggunakan hp android. Silakan diuji semua tombol yang ada untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik.

cara menjadikan android sebagai remote digital satelite receiver

Catatan:Setiap kali membuat remote baru, hp android harus terhubung dengan internet agar aplikasi bisa mendapatkan konfigurasi yang cocok untuk perangkat satelite box.

Artikel terkait: Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV

Itulah langkah mudah menjadikan android sebagai remote digital satelite box (DVB) yang bisa kamu coba untuk alternatif jika remote rusak atau hilang. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan sialakan tulis di komentar ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

8 Comments on “Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Digital Satelite Parabola (DVB)”

    1. Saya juga pake receiver goldsat boss, dan berhasil 😀
      Kalo masih gak ke detect juga, coba aplikasi lain yang bernama ZaZa Remote. Kemaren teman saya juga gak bisa, tapi pas coba ZaZa Remote di Xiaomi Redmi 4A sekarang receiver dia udah bisa

  1. Sebenarnya mi remote bisa dipakai di matrix burger s2 mini. Tapi sayang tombolnya gak lengkap.. gak ada tombol warna nya (merah, biru, kuning, hijau), padahal tuh tombol yg sangat penting buat konekin receiver ke wifi

    1. Betul, tombol yang tersedia hanya untuk fungsi-fungsi standar. Semoga saja kedepannya pihak pengembang aplikasi menambahkan tombol lainnya yang lebih lengkap.

  2. Saya pake redmi note 4 kan udah ada dr sana nya apk mi remot, tp pas di hubungkan ke receiver matrix kok gak bisa terus ya..

    1. Coba cek lagi langkah-langkahnya dengan teliti gan, mungkin ada yang salah
      Kalo tetap gak bisa, coba pake plikasi ZaZa Remote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *