Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV Semua Merek

Saat ini hp android sudah bisa dibilang sebagai perangkat multi fungsi. Yup, selain memiliki fungsi utama sebagai alat untuk berkomunikasi, ternyata smartphone android bisa menjadi perangkat alternatif untuk menggantikan fungsi alat elektronik lain, misalnya kita bisa menggunakan hp android sebagai remote TV.

Bagaimana caranya? Cukup dengan memasang aplikasi remote yang tersedia di Google Play Store, kita bisa menjadikan android sebagai remote TV layaknya remote sungguhan. Namun, untuk bisa melakukan cara ini tentu saja syarat utama yang harus kita penuhi adalah smartphone android kita sudah memiliki fitur infrared (inframerah). Karena pada dasarnya remote TV juga menggunakan infrared untuk berkomunikasi dengan TV.

Nah, jika smartphone kamu sudah memiliki fitur tersebut, langsung saja kita praktekkan pada smartphone masing-masing ya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Merubah HP Android Menjadi Remote TV Semua Tipe

Pada tutorial ini Konyoha mempraktekkannya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 4A yang sudah support infrared. Untuk hp Xiaomi sendiri kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Mi Remote. Jika kamu menggunakan smartphone merek lain seperti Samsung, LG, Sony, Lenovo, Huawei, Oppo, dan lain-lain, mungkin aplikasi ini kompatibel dan silakan dicoba dulu. Jika tidak kompatibel silakan cari aplikasi remote lainnya yang sesuai.

Langkah-langkahnya:

1. Untuk hp Xiaomi silakan download terlebih dahulu aplikasi Mi Remote di Google Play Store.

2. Kemudian jalankan aplikasinya dan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Untuk menambahkan remote baru pilih Tambah remote, lalu pilih TV.

cara menjadikan android sebagai remote tv

3. Setelah itu pilih merek TV sesuai dengan TV kamu. Di sini terdapat beberapa merek TV terkenal seperti LG, Samsung, Sony, Sharp, Philips, Panasonic, dan beberapa merek TV Cina.

cara menjadikan android sebagai remote tv

4. Selanjutnya kita masuk ke tahap konfigurasi otomatis atau menyesuaikan tombol remote dengan tipe TV yang kita gunakan. Caranya arahkan smartphone kamu ke TV dan tekan tombol uji (tombol power). Jika TV kamu mati, itu berarti pengaturannya berhasil. Setelah itu pilih Ya dan tekan tombol power untuk menyalakan TV. Setelah menyala pilih tombol bulat besar di tengah untuk melanjutkannya.

cara menjadikan android sebagai remote tv

5. Langkah berikutnya silakan tuliskan nama untuk remote yang kita buat tadi, kemudian simpan dengan cara memilih tombol Berhasil dipasangkan.

cara menjadikan android sebagai remote tv

6. Selamat, sekarang hp android kamu sudah berfungsi sepenuhnya sebagai remote TV. Silakan diuji semua tombolnya untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik.

cara menjadikan android sebagai remote tv

Catatan:
Setiap menambahkan remote baru hp android kamu harus terhubung ke internet agar aplikasi dapat menyesuaikan pengaturan secara otomatis dari server.

Selain remote TV, dengan aplikasi ini kita juga bisa menyulap hp android menjadi beberapa remote seperti:

  • Kipas angin
  • AC
  • DVD player
  • A/V receiver
  • Projector
  • Kamera
  • Cabel/Satelite Box (Digital Satelite)
  • dan masih banyak lagi.

 

Baca juga: Cara Menjadikan HP Android Sebagai Remote Digital Satelite (DVB)

Itulah langkah-langkah tentang cara menjadikan android sebagai remote TV yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif jika remote hilang atau rusak. Cukup dengan sekali tekan langsung konek tanpa harus setting secara manual. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *