Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Mouse dan Keyboard Wireless

Berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu membuat semua pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya saja perangkat smartphone yang ada pada saat ini, selain berfungsi sebagai alat komunikasi, kini HP android bisa berubah fungsi sebagai pengganti hardware pada komputer. Contohnya saja kita bisa merubah HP android menjadi mouse dan keyboard wireless.

Yup, dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama WiFi Mouse kita bisa menyulap HP android menjadi mouse dan keyboard wireless dan masih banyak lagi fitur canggih yang terdapat di dalamnya. Dengan demikian, cara ini sangat cocok sebagai alternatif apabila mouse atau keyboard komputer kita rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara kerjanya langsung saja kita simak artikel di bawah ini yuk.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Mouse dan Keyboard Komputer

Karena kita memanfaatkan jaringan WiFi sebagai pengganti kabelnya, tentu saja syarat utama yang harus terpenuhi adalah komputer dan smartphone harus terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Jika di lokasi kamu tidak tersedia jaringan WiFi, kita bisa mengakalinya dengan membuat WiFi Hotspot di smartphone (tathering) atau juga bisa menjadikan komputer sebagai WiFi Hotspot-nya.

Silakan baca: Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop Tanpa Software

Pada saat ini kita akan mempraktekkannya menggunakan smartphone android dan komputer windows. Jika kamu menggunakan iPhone atau iPad juga bisa kok, tutorialnya kurang lebih sama. Oke, untuk itu langsung saja kita menuju ke tutorialnya sebagai berikut.

1. Pertama silakan didownload aplikasi Mouse Server untuk komputer langsung dari situsnya di http://wifimouse.necta.us/. Pilih sesuai dengan OS komputermu. Di sini terdapat beberapa OS seperti Windows, Mac, Ubuntu Linux dan Fedora Linux.

cara menjadikan hp android sebagai mouse dan keyboard

2. Setelah didownload kemudian install seperti biasa. Lalu jalankan aplikasinya dan kita akan mendapatkan IP Address yang nantinya digunakan HP android untuk connect ke komputer.

cara menjadikan hp android sebagai mouse dan keyboard

3. Selanjutnya kita beralih ke HP android. Silakan download aplikasi WiFi Mouse langsung dari Google Play Store kemudian jalankan aplikasinya.

4. Pada halaman utama pilih Server untuk memulai pencarian perangkat komputer. Setelah ditemukan, klik ikon di sebelah kanan IP Address tersebut untuk menghubungkan perangkat android dengan komputer.

cara menjadikan hp android sebagai mouse dan keyboard

Nah, sekarang smartphone kamu sudah bisa digunakan sebagai mouse.

cara menjadikan hp android sebagai mouse dan keyboard

Untuk berubah fungsi ke fitur lainnya seperti keyboard dan lainnya kita cukup mengembalikannya ke halaman awal dan pilih fitur yang kita inginkan.

Catatan:

Jika kita tidak bisa menemukan perangkat komputer di aplikasi android, pastikan kedua perangkat sudah terhubung pada jaringan WiFi yang sama. Selain itu pastikan services mouse server di komputer sudah berjalan dengan baik dan tidak diblock oleh firewall.

Itulah tutorial Cara Menjadikan HP Android Sebagai Mouse dan Keyboard Wireless yang bisa kamu coba sebagai alternatif. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semua dan jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan jangan sungkan untuk memberi komentar, selamat mencoba.

Baca juga:

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *