2 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Root

Sebenarnya ada dua cara menyembunyikan aplikasi android tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Baik itu menggunakan aplikasi pihak ke-tiga, maupun tanpa aplikasi tambahan.

Loading...

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, mungkin di antara kamu semua ada yang bertanya-tanya, “bagaimana sih cara menyembunyikan ikon aplikasi?” atau “bisa gak sih menyembunyikan aplikasi tanpa harus root android?”, jawabannya tentu saja bisa.

Alasan Mengapa Kita Perlu Menyembunyikan Aplikasi Android

Seiring dengan berkembangnya teknologi smartphone seperti saat ini, membuat kita semakin sadar betapa pentingnya menjaga keamanan data pribadi.

Bukan cuma privasi di dunia maya saja, melainkan juga dari orang-orang di sekitar kita. Entah itu teman, sahabat, bahkan keluarga kita sekalipun.

Nah, di antara kamu semua pasti punya beberapa aplikasi di hp android mu yang bersifat pribadi, atau tidak ingin dilihat oleh orang lain selain kamu. Entah itu aplikasi mobile banking, chatting rahasia, cari jodoh dan lain sebagainya.

Walaupun bisa diakali dengan cara mengunci aplikasi tersebut, tetapi tentu saja lebih aman jika ikon aplikasinya disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Sesuai dengan judul di atas, ada dua cara mudah menyembunyikan ikon aplikasi tanpa root android. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi penyembunyi aplikasi android yang tersedia di Google Play Store, maupun tanpa aplikasi tambahan.

Oke, dari pada kebanyakan basa-basi, langsung saja yuk kita menuju ke tutorialnya di bawah ini.

1. Menyembunyikan Aplikasi Android Tanpa Aplikasi

Saat ini setiap vendor ponsel android sudah menyediakan fitur dimana pengguna bisa mengunci bahkan menyembunyikan ikon aplikasi di smartphone-nya. Baik itu merk Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Sony, Realme, dan sebagainya.

Nah, kebetulan di tutorial ini saya menggunakan hp Xiaomi, jadi cara yang pertama ini hanya diperuntukkan bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi saja. Jika kamu menggunakan android merk lain, mungkin langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama sekali buka fitur Keamanan, setiap hp Xiaomi yang menggunakan antarmuka MIUI pasti memiliki fitur ini.

gambar 1

Kemudian masuk ke Kunci Aplikasi.

cara menyembunyikan aplikasi android 1

Lalu kamu akan diminta untuk membuat pola atau sandi yang akan digunakan untuk masuk ke penyembunyi aplikasi nantinya.

Setelah menyetel pola atau sandi, kamu akan diminta untuk menambahkan akun Mi untuk jaga-jaga agar kamu bisa me-reset pola atau sandi jika suatu saat kamu lupa. Kamu juga bisa melewati langkah ini jika tidak memiliki akun Mi.

gambar 3

Pada tahap ini pilih Aplikasi tersembunyi.

gambar 4

Selanjutnya pilih aplikasi apa saja yang akan kamu sembunyikan dari menu.

gambar 5

Selesai, sekarang silakan dicek aplikasinya di daftar menu aplikasi, apakah masih ada atau sudah hilang.

Lantas bagaimana cara menemukan dan membuka aplikasi yang sudah kamu sembunyikan tersebut? Cukup dengan menyentuh layar dengan dua jari dan melebarkannya (seperti melakukan zooming pada foto). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

gambar 6

Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan pola, sandi atau pin yang sudah disetel sebeumnya.

Terakhir, kamu akan melihat daftar apikasi yang kamu sembunyikan tadi.

Bagaimana, gampang banget kan? Kalau bisa dilakukan tanpa aplikasi, untuk apa menginstall aplikasi pihak ke-tiga yang jelas-jelas akan menguras RAM smartphone mu, betul gak?

Lalu bagaimana jika di smartphone mu tidak tersedia fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi? Gak usah khawatir, kamu bisa kok menggunakan aplikasi Hide App.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan (Hide App)

Aplikasi yang saya gunakan di sini adalah App Hider, silakan download dulu di sini ya. Cara kerjanya mirip dengan “ruang kedua” yang biasa ditemukan di hp Xiaomi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketika kamu menjalankan App Hider, akan muncul sebuah tampilan yang mirip dengan launcher.
  • Setelah itu tekan tombol tambah untuk memasukkan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan ke dalam launcher tersebut.
  • Kemudian tekan tombol Import (Hide/Dual) dan tunggu sampai proses import selesai.
  • Oh ya, kamu juga bisa merubah ikon aplikasi App Hider menjadi ikon kalkuator, sehingga tidak ada yang curiga kalau kamu menggunakan App Hider untuk menyembunyikan aplikasi.
  • Terakhir, silakan di-uninstall aplikasi asli yang kamu sembunyikan tadi.

Cara kerja aplikasi App Hider ini mirip dengan sistem “Ruang kedua” dan “Aplikasi Ganda” di android. Jadi aplikasi rahasia kamu akan tetap aman berada di dalam sana, ditambah lagi dengan adanya fitur perlindungan dengan PIN.

Untuk cara menyembunyikan aplikasi android dengan aplikasi App Hider ini mohon maaf tidak saya sertakan gambar atau screenshot. Karena saat menjalankan App Hider kita tidak bisa melakukan screenshot.

Loading...

Demikianlah tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.