Cara Mudah Menyimpan Halaman Web ke PDF Tanpa Software

Menyimpan Halaman Web ke PDF – Di era modern seperti sekarang ini kita bisa menemukan informasi dengan mudah melalui internet, baik itu berupa website maupun video.

Terkadang kita juga perlu menyimpan informasi tersebut untuk dibaca di kemudian hari. Sebagai contoh, kamu sedang mencari bahan pelajaran atau tugas kuliah di internet, tentu kamu harus menyimpan halaman web tersebut ke PDF atau Word agar bisa dimanfaatkan nantinya. Kegiatan tersebut biasa dikenal dengan istilah convert HTML ke PDF.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk convert atau merubah halaman web menjadi PDF. Beberapa di antaranya yaitu dengan menggunakan website penyedia layanan convert online, menggunakan software, maupun tanpa software tambahan.

Nah, pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan cara yang paling mudah, yakni tanpa software tambahan.

Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF Menggunakan Google Chrome

Pada umumnya aplikasi web browser yang ada saat ini (Chrome, Mozilla, Opera) sudah memiliki fitur bawaan untuk mengkonversi halaman website berformat HTML menjadi PDF. Sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi tambahan maupun menggunakan layanan konversi online.

Tidak peduli apakah kamu menggunakan komputer dengan OS Windows, Linux, atau Mac, karena Google Chrome sudah menyematkan fitur ini secara bawaan.

Berikut cara menyimpan halaman web ke PDF:

  • Buka web browser Google Chrome di komputer kamu, kemudian kunjungi halaman website yang akan kamu simpan.
  • Setelah halaman web berhasil dimuat sepenuhnya (loading sudah berhenti), klik kanan pada halaman web tersebut, lalu pilih Print. Atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl + P.
cara menyimpan halaman web ke pdf
  • Kemudian akan muncul sebuah jendela print yang menampilkan preview halaman. Pada bagian Destination ubah menjadi Save as PDF.
cara merubah halaman web ke pdf
  • Selain itu kamu juga bisa mengatur bagian lainnya jika perlu. Misalnya layout, halaman, ukuran kertas, dan sebagainya.
  • Setelah pengaturannya selesai, klik tombol Save untuk menyimpan.
  • Pada bagian ini kamu bisa mengatur lokasi dan mengubah nama file. Jika lokasi sudah ditentukan, langsung saja klik tombol Save.
cara menyimpan halaman web ke pdf tanpa software
  • Sekarang halaman web sudah berhasil disimpan dalam bentuk PDF.
cara menyimpan halaman web ke pdf

Demikian tutorial tentang cara menyimpan atau merubah halaman web ke PDF tanpa software yang bisa kamu coba. Dengan bantuan aplikasi Google Chrome kita tidak perlu menggunakan layanan convert online maupun menggunakan software tambahan. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Baca juga: 4 Cara Convert PDF ke Word Online, Offline, Tanpa Software atau Dengan Software

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *