Cara Merekam Layar Android Menjadi Video Tanpa Root

Merekam layar android adalah salah satu cara yang umum dilakukan oleh mereka yang sering membuat tutrorial dalam bentuk video. Bagi para gamer, merekam layar android sambil bermain game dan di-upload ke Youtube adalah salah satu cara untuk memamerkan skill-nya kepada orang banyak.

Nah, pada artikel kali ini admin akan share bagaimana cara record layar hp android tanpa harus root. Meskipun di luar sana banyak sekali software untuk merekam layar android, namun kebanyakan aplikasi tersebut berbayar dan ada juga yang mengharuskan root android terlebih dahulu.

Untuk bisa record screen android dengan mudah tanpa akses root kita membutuhkan aplikasi yang bernama Mobizen. Mobizen adalah aplikasi perekam layar android terbaik dan gratis. Selain gratis, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur keren yang akan menunjang kreatifitas kamu dalam membuat video. Berikut beberapa kelebihan dari aplikasi Mobizen:

  • Merekam video Full HD 1080p, 60fps
  • Facecam untuk merekam wajah kita dengan kamera depan
  • Potong video
  • Bisa menambahkan video intro dan outro (segerah hadir)
  • Tidak ada batasan waktu (unlimited)
  • Broadcast saat main game
  • 100% gratis, no root.

Bagaimana, keren banget kan? Nah, buat kamu yang tidak sabar ingin segera membuat rekaman layar android mu, langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Rekam Layar Android Menjadi Video

1. Pertama sekali silakan unduh aplikasinya langsug dari Google Play Store, atau klik link berikut ini.
2. Jalankan aplikasinya, lalu akan muncul jendela awal aplikasi dan tekan tombol Welcome. Setelah itu tekan tombol Mulai.

cara merekam layar android menjadi video

3. Selanjutnya aplikasi akan menyesuaikan pengaturan dengan performa smartphone kamu. Tunggu prosesnya beberapa saat dan kamu akan dibawa ke pengaturan perizinan (jika ada). Nyalakan pengaturan perizinan, lalu tekan tombol kembali di hp kamu.

cara merekam layar android menjadi video

4. Kemudian buka lagi aplikasinya sehingga muncul sebuah icon huruf M di layar hp kamu. Tap pada ikon tersebut, kemudian muncul beberapa pilihan di antaranya: Start recording, Menu, Capture. Pilih Start recording untuk mulai merekam.

cara merekam layar android menjadi video

5. Biasanya video hasil rekaman tersebut secara default akan memunculkan watermark mobizen, cara menghilangkan watermark tersebut masuk ke Menu -> Settings -> Watermark lalu Disable watermark.

Catatan:
Jika smartphone kamu mengalami lag saat merekam game, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk itu kamu perlu melakukan setting kualitas video. Admin sarankan untuk mengatur kualitasnya pada 2.5 M, meskipun begitu hasil videonya tetap bersih dan berkualitas.

Terkadang hasil rekaman layar android perlu diedit terlebih dahulu sebelum di-upload ke YouTube atau media sosial lainnya. Misalnya memotong video, menggabungkan, menambahkan efek, transisi, teks, dan sebagainya. Maka yang kamu butuhkan adalah aplikasi edit video untuk android. Silakan baca 10 Aplikasi Edit Video Android Terbaik dan Gratis

Itulah tutorial tentang cara menggunakan aplikasi Mobizen untuk merekam layar android dengan mudah. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, jangan sungkan untuk berkomentar ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *