Cara Mudah Merekam Layar Linux Menjadi Video (Ubuntu, Linux Mint)

Merekam aktifitas layar dekstop linux menjadi video bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan. Jika di Windows kita menggunakan aplikasi perekam video berbayar seperti Camtasia, Bandicam, Action, dan sebagainya, di Linux kita bisa menggunakan software open source yang tentunya gratis untuk siapa saja.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu merekam layar linux menjadi sebuah video. Apakah untuk keperluan tugas kuliah, membuat video tutorial, bermain game, maupun membuat video lainnya yang melibatkan layar desktop linux.

Untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan aplikasi khusus untuk merekam layar. Dari sekian banyak aplikasi perekam layar di linux yang ada saat ini, hanya dua yang terbaik menurut admin pribadi, yakni Kazam dan Simple Screen Recorder (SSR).

Karena kedua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pada artikel kali ini Konyoha akan membuat tutorial dari kedua aplikasi yang disebutkan di atas supaya kamu bisa menentukan aplikasi mana yang harus dipilih.

Tutorial Cara Merekam Layar Linux Menjadi Video

Pada praktek kali ini admin menggunakan Linux Mint 19 Cinnamon. Cara ini juga bisa kamu terapkan pada distro Ubuntu dan turunannya.

1. Menggunakan Kazam

Kazam merupakan aplikasi perekam layar yang dibuat oleh Andrew Higginson dan David Klasinc dan didistribusikan di bawah lisensi GNU General Public License. Selain mampu merekam layar dengan baik, aplikasi ini juga bisa mengambil tangkapan layar (screenshot).

Dengan antarmuka pengguna yang sangat sederhana, aplikasi ini terasa sangat ringan karena membutuhkan resource yang sedikit. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin merekam aktifitas layar biasa yang tidak terlalu berat.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama sekali install aplikasi Kazam langsung dari Software Manajer, atau bisa juga diinstall lewat terminal dengan perintah:

sudo apt-get install kazam

Setelah diinstall langsung buka aplikasinya.

cara merekam layar linux 1

Untuk merekam layar silakan pilih tab Screencast dan pilih apakah kamu ingin merekam seluruh layar (Fullscreen), jendela aplikasi (Window), maupun area atau bagian tertentu (Area).

Kemudian di bawahnya terdapat pilihan untuk meng-include gerakan mouse, suara speaker, suara microphone, dan waktu delay sebelum merekam layar. Untuk memulai perekaman silakan klik tombol Capture.

cara merekam layar linux 2

Selanjutnya perekaman dimulai dengan waktu tunda yang sudah ditentukan. Untuk menjeda dan menghentikan rekaman silakan klik ikon kamera pada panel bawah.

cara merekam layar linux 3

Jika kamu menghentikan rekaman akan muncul sebuah jendela, silakan pilih Save for later untuk menyimpan hasil rekaman, kemudian klik Continue. Secara default video disimpan pada direktori Videos.

cara merekam layar linux 4

2. Menggunakan Simple Screen Recorder (SSR)

Bagi kamu yang menginginkan aplikasi perekam layar dengan fitur lengkap, maka Simple Screen Recorder adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini dibuat oleh Marteen Baert atas ketidakpuasannya dengan aplikasi perekam layar yang sudah ada. Dan dia ingin menciptakan sebuah aplikasi dengan antarmuka sederhana, namun mudah dari segi penggunaannya.

Seiring perkembangannya, aplikasi ini mampu bersaing bahkan melebihi aplikasi sejenis lainnya. Selain itu kelebihan yang dimiliki SSR adalah kemampuannya dalam merekam game atau aplikasi OpenGL dengan hasil yang sangat baik. Selengkapnya tentang SSR bisa kamu baca pada situs resminya di sini.

Langkah-langkah merekam layar linux menggunakan simple screen recorder:

Pertama-tama install aplikasi Simple Screen Recorder lewat terminal dengan menambahkan repository. Berikut perintahnya:

sudo add-apt-repository ppa:maarten-baert/simplescreenrecorder

sudo apt-get update

sudo apt-get install simplescreenrecorder

Setelah diinstall langsung saja jalankan aplikasinya dan klik tombol Continue.

Di jendela ini kamu bisa melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ingin merekam saat bermain game atau aplikasi OpenGL silakan pilih Record OpenGL. Setelah melakukan pengaturan, klik tombol Continue.

cara merekam layar linux 5

Selanjutnya pilih lokasi file hasil rekaman, jenis file video, codec, bitrate dan sebagainya. Lalu klik tombol Continue.

cara merekam layar linux 6

Berikutnya kita akan dibawa pada jendela perekaman. Untuk memulai perekaman klik tombol Start recording. Selama proses perekaman jangan lupa untuk me-minimize jendela ini. Untuk menyimpan video hasil rekeman klik tombol Pause recording, terakhir klik tombol Save recording untuk menyimpannya.

cara merekam layar linux 7

Baca juga: Cara Menggabungkan 2 atau Lebih Video Menjadi 1 di PC

Akhir kata

Demikianlah tutorial tentang cara merekam layar linux menjadi video yang bisa kamu coba. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan ini, silakan tulis komentarmu di bawah ini ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

2 Comments on “Cara Mudah Merekam Layar Linux Menjadi Video (Ubuntu, Linux Mint)”

  1. Terimakasih sangat membantu web ini bagi saya yang baru terjun ke Linux. Tetap semangat Dan tetap posting min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *