Cara Remote (Mengendalikan) Komputer dengan HP Android

Seiring pesatnya perkembangan teknologi seperti yang kita rasakan saat ini, semua kegiatan yang dilakukan dapat dikerjakan dengan mudah. Terlebih dengan meningkatnya pengguna yang menggunakan perangkat mobile, semua aktifitas dapat dikerjakan dengan cepat. Salah satunya yaitu mengendalikan (remote) komputer melalui hp android.

Berbicara mengenai me-remote komputer, mungkin bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer dan jaringan mungkin terdengar biasa saja ya. Tetapi seiring populernya perangkat android di kalangan masyarakat, banyak developer aplikasi android yang berlomba-lomba mengembangkan aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan kita tentunya. Salah satunya yaitu aplikasi yang bernama Monect PC Remote.

Monect PC Remote merupakan aplikasi yang berfungsi untuk me-remote komputer melalui perangkat android yang memanfaatkan jaringan WiFi dan Bluetooth sebagai konektifitasnya. Dengan aplikasi ini kamu tidak hanya bisa mengendalikan komputer saja, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi multi fungsi ini. Untuk itu mari kita praktekkan bagaimana cara mengendalikan komputer melalui hp android.

Cara Remote (Mengendalikan) Komputer Lewat HP Android

1. Pertama kamu harus download dulu aplikasi Monect PC Remote di HP Android kamu langsung dari Play Store. Kemudian install seperti biasa.

2. Setelah aplikasinya di install pada android kamu, sekarang kita beralih ke perangkat komputer. Download aplikasi PC Remote Receiver untuk komputer atau laptop kamu langsung dari situs resminya di sini kemudian install seperti biasa.

3. Setelah di install jangan dibuka dulu aplikasinya. Karena kita harus menghubungkan perangkat komputer dengan android pada jaringan WiFi yang sama. Jika di lokasi kamu tidak tersedia jaringan WiFi, kamu jangan khawatir. Kamu bisa membuat WiFi Hotspot sendiri menggunakan laptop.

Baca: Cara Membuat WiFi Hotspot di Laptop Tanpa Aplikasi

4. Nah, setelah kamu berhasil membuat WiFi Hotspot di laptop, sekarang saatnya menghubungkan perangkat android ke laptop melalui jaringan WiFi yang sudah kamu buat tadi.

5. Setelah keduanya terhubung pada jaringan yang sama, silakan kamu buka aplikasi PC Remote Receiver yang sudah kamu download tadi di komputer, sehingga muncul tampilan aplikasi seperti di gambar di bawah ini.

cara remote komputer dengan hp android

Pada gambar di atas bisa kita lihat pada bagian yang ditandai dengan kotak merah adalah informasi mengenai adapter jaringan komputer. Yang mana terdapat IP Address 192.168.172.1 pada Wireless Network Connection 2. IP Address itulah yang akan kita hubungkan dengan perangkat android nantinya. Sekarang klik tombol Ok sehingga aplikasi PC Remote Receiver berjalan pada taskbar.

cara remote komputer dengan hp android

6. Tahap selanjutnya kita beralih ke perangkat android, silakan dibuka aplikasi Monect PC Remote di android. Kemudian aplikasi akan secara otomatis men-scan perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan yang sama. Jika sudah muncul nama komputer dan IP Address nya, untuk mengubungkannya tap pada nama komputer tersebut sehingga akan muncul beberapa menu untuk mengontrol komputer.

cara remote komputer dengan hp android

7. Nah, di sini tersedia beberapa pilihan di antaranya Remote Desktop, Projector, Data Cable, My Computer, dan lain-lain. Untuk mengendalikan komputer silakan pilih Remote Desktop. Maka kamu langsung bisa mengendalikan komputer melalui android dengan tampilan yang persis sama dengan tampilan desktop.

cara remote komputer dengan hp android

cara remote komputer dengan hp android

Sampai di sini kita sudah berhasil me-remote komputer dengan menggunakan hp android. Selain me-remote komputer, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini. Antara lain menjadikan android sebagai mouse, keyboard, transfer data, menjadikan android sebagai joystic, mengendalikan powerpoint, media player, dan masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kamu coba.

Lihat juga:

Aplikasi ini sangat cocok sebagai alternatif jika mouse atau keyboard komputer kamu rusak dan juga bagi kamu yang bekerja atau mahasiswa yang sering melakukan presentasi untuk mengendalikan slide hanya menggunakan smartphone android. Hebat, kan? Jika kamu mengalami masalah pada langkah-langkah di atas, jangan sungkan sungkan untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *