Cara Root Android Semua Jenis Tanpa PC, 100% Work

Sebenarnya tutorial tentang cara root android ini sudah banyak sekali bertebaran di internet. Caranya pun juga beragam, mulai dari menggunakan PC maupun tanpa PC sekalipun. Namun tidak sedikit dari mereka yang masih kesulitan atau gagal dalam melakukan rooting terhadap smartphone android miliknya. Entah itu karena merk dan type smartphone tidak compatible dengan aplikasinya, atau bisa jadi salah dalam melakukan langkah-langkahnya.

Untuk itu bagi kamu yang masih kesulitan dalam melakukan root hp android mu, pada kesempatan kali ini Konyoha akan memberikan tutorial tentang cara root android yang baik dan benar serta work 100% untuk semua jenis hp android tanpa bantuan komputer. Sebelum kita melangkah ke tutorialnya, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan root itu?

Apa Itu Root Android?

Dikutip dari laman Wikipedia, root adalah hak akses tertinggi yang ada pada sistem Linux. Dengan root kita bisa melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa. Contoh di dunia nyata, ibaratnya di dalam suatu jaringan kita adalah administrator-nya, sehingga kita memiliki kontrol penuh terhadap suatu sistem.

Karena sistem operasi Android menggunakan Kernel Linux, bukan tidak mungkin kita juga bisa mendapatkan hak akses root. Dengan root kita bebas melakukan apa saja pada sistem android termasuk fungsi canggih yang tersembunyi di dalamnya. Namun hal inilah yang dibatasi oleh vendor ponsel pada umumnya, kenapa? Karena mereka mencegah agar penggunanya tidak melakukan kesalahan yang dapat berakibat buruk terhadap smartphone android.

Baca juga: Kenapa HP Android Harus di-root?

Itulah alasan kenapa kita perlu melakukan root android, tujuan utamanya adalah agar kita bisa menggunakan fitur tersembunyi di dalamnya yang sengaja dikunci oleh pembuat ponsel pintar tersebut. Okeh, sampai di sini kami anggap kamu sudah memahami tentang apa itu root android dan apa saja manfaatnya. Selanjutnya mari kita menuju ke langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Root Android Semua Jenis Dan Tipe Tanpa Menggunakan PC

Untuk bisa melakukan rooting pada semua jenis dan tipe smartphone android kita membutuhkan aplikasi yang bernama Framaroot. Yup, aplikasi ini terbilang cukup handal dalam urusan root android. Hampir semua jenis dan tipe smartphone yang compatible dengan aplikasi ini. Untuk itu silakan ikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Pertama sekali silakan download dan install aplikasi Framaroot di android kamu. Karena tidak tersedia di Google Play Store, jadi kamu harus mencarinya di Google dengan kata kunci “Download Framaroot APK“.

2. Setelah berhasil diinstall di hp kamu langsung saja dibuka aplikasinya. Kemudian akan muncul dua pilihan, apakah kita akan meng-install aplikasi Superuser atau SuperSU. Di sini kami sarankan untuk memilih SuperSU.

cara root android

3. Selanjutnya akan ada pilihan Aragorn dan Gandalf, silakan pilih Gandalf.

cara root android

4. Setelah itu kita tunggu sampai semua proses rooting selesai. Jika muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, berarti hp android kamu sudah berhasil di-root.

cara root android

5. Terakhir, restart hp android kamu dan pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser tampil di menu.

cara root android

Sampai di sini kita sudah berhasil root smartphone android tanpa menggunakan PC. Oh ya, sebelumnya ketahui terlebih dahulu apakah smartphone kamu support dengan aplikasi Framaroot ini. Kamu bisa cek daftar smartphone-nya di situs ini untuk informasi lebih lanjut.

Demikian lah tutorial tentang cara root android semua jenis dan tipe tanpa PC. Dengan adanya akses root kita bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh smartphone biasa. Jika ada yang ingin kamu tanyakan terkait dengan pembahasan di atas, silakan tulis di kolom komentar di bawah ya, selamat mencoba!.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *