Cara Screenshot Panjang di Komputer Tanpa Software / Add-Ons

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan halaman web ke komputer agar dapat dibaca secara offline, salah satunya yaitu dengan screenshot panjang ke bawah (satu halaman penuh). Mudahnya, cara ini bisa dilakukan tanpa software tambahan dan tanpa add-ons (pengaya).

Tentunya cara ini lebih praktis dan cepat ketimbang malakukan bookmark atau menyimpan halaman web ke PDF. Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara melakukannya, pada artikel kali ini Konyoha akan menjelaskan tutorial cara screenshot panjang di PC atau laptop tanpa aplikasi tambahan.

Screenshot Panjang dengan Mudah Menggunakan Mozilla Firefox Quantum

Beberapa waktu yang lalu Mozilla menambahkan fitur terbaru ke web browsernya, dimana pengguna bisa melakukan screenshot halaman website secara langsung tanpa aplikasi, add-ons, maupun tombol print screen. Fitur keren ini disematkan pada Firefox Quantum versi 57 ke atas.

Menariknya lagi, kita bisa melakukan ss panjang di PC satu halaman penuh hanya dengan beberapa klik saja. Untuk itu kamu harus memiliki web browser Mozilla Firefox Quantum minimal versi 57 atau lebih tinggi. Kalau belum kamu bisa mengupdate atau mendownload dari situs resminya di sini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Jalankan web browser Mozilla Firefox dan buka halaman web yang akan di-screenshot.
  • Setelah itu klik ikon tiga titik di ujung Address Bar sehingga muncul menu drop-down. Kemudian klik Take a Screenshot.

cara screenshot panjang di komputer

  • Selanjutnya kamu akan disuguhkan tiga opsi, di antaranya: Screenshot halaman penuh memanjang ke bawah (Save full page), screenshot halaman yang terlihat (Save visible), hasil screenshot tersimpan di cloud (My Shots). Pilih opsi yang pertama “Save full page”.

cara screenshot panjang di komputer

  • Kemudian kamu bisa mengeklik tombol Download untuk menyimpannya ke komputer atau Save untuk meng-upload ke penyimpanan awan Mozilla.

cara screenshot panjang di komputer

  • Jika kamu save ke Cloud, gambar akan terhapus secara otomatis setelah 14 hari.

Nah, itu dia tutorial tentang cara screenshot panjang di komputer PC atau laptop yang bisa kamu coba di Windows, Linux dan Mac OS. Jika kamu memiliki trik lain yang lebih mudah lagi, silakan dibagikan lewat kolom komentar di bawah ini ya, selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *