Cara Setting Jaringan 3G Saja (3G Only) di HP Asus Zenfone All Series

Jika biasanya pada setiap smartphone android kita bisa mengatur apakah jaringan yang kita gunakan 3G saja, 3G preferred, dan lain-lain yang bisa kita tentukan lewat pengaturan jaringan. Namun tidak dengan beberapa type Asus Zenfone, kita tidak bisa mengunci jenis jaringan 3G saja (3G Only), namun di sana hanya tersedia pilihan 2G saja. Tentu saja hal itu tidak terlalu masalah bagi mereka yang tinggal di area jaringan 3G (HSDPA) yang kuat.

Akan tetapi bagi mereka yang tinggal di daerah dengan jangkauan jaringan 3G yang minim, hal itu pasti akan membuat mereka kesal. Karena pada dasarnya jika di daerah tersebut jaringan 2G (EDGE) justru lebih kuat dari jaringan 3G, maka otomatis HP tersebut akan menggunakan jaringan 2G.

Walaupun demikian, sebenarnya pihak Asus bukannya menghilangkan fitur settingan 3G Only pada smartphone besutan mereka. Tetapi fitur tersebut disembunyikan dari pengaturan jaringan. Nah, buat kamu yang bingung bagaimana cara memaksa agar jaringan 3G selalu aktif di HP Asus Zenfone bisa mengukuti tips dari Skotident berikut ini.

Cara Mengunci Jaringan 3G Saja ( WCDMA Only) di HP Asus Zenfone All Series

Kebetulan admin sudah mencoba cara ini pada smartphone Asus Zenfone 5 dan alhamdulillah berhasil 100%. Jika type HP kamu berbeda namun masih dalam seri Zenfone, kemungkinan besar cara ini juga akan berhasil. Untuk itu langsung saja kita menuju ke tutorialnya.

1. Pertama kali silakan dibuka dial up pada smartphone kamu, lalu ketikkan kode *#*#4636#*#* (jangan dicopy paste).

cara setting jaringan 3g saja di asus

2. Setelah itu akan muncul sebuah menu. Masuk ke menu Informasi telepon, lalu ubah WCDMA preferred menjadi WCDMA Only. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut.

cara setting jaringan 3g saja di asus

3. Selamat, kini smartphone kamu sudah disetting ke jaringan 3G Only (WCDMA Only).

Catatan:
Diharapkan agar tidak mengubah settingan lain selain langkah-langkah di atas, karena kami tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada smartphone kamu akibat kesalahan yang kamu lakukan.

Itulah tutorial bagaimana cara mengubah jaringan ke 3G only pada HP Asus Zenfone All Series. Semoga artikel ini bisa menjadi solusi buat kamu yang kebingungan atau tidak menemukan di mana letak pengaturan jaringan 3G only ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Referensi

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *