Cara Ampuh Uninstall Program Komputer Sampai Bersih

Sebagai pengguna komputer, kegiatan install atau uninstall aplikasi pasti sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Apa lagi mereka yang doyan download software komputer, akan banyak sekali software-software yang bersarang di komputer tersebut sehingga kinerja komputer akan semakin lambat.

Namun ada kalanya kita sudah tidak membutuhkan lagi aplikasi yang sudah terinstall tersebut. Jadi, yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi tersebut dari komputer kita. Akan tetapi masih banyak pengguna koputer yang belum mengetahui bagaimana cara uninstall software komputer sampai bersih sampai ke akarnya. Tentu saja hal itu bisa membuat kinerja komputer kita lama-kelamaan menjadi lambat karena banyaknya file-file sampah atau registry yang masih tertinggal di harddisk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada artikel kali ini Konyoha akan berbagi sebuah tips bagaimana cara menghapus aplikasi komputer secara bersih sampai ke akarnya. Untuk itu silakan disimak langkah-langkahnya di bawah ini ya.

Cara Menghapus (Uninstall) Program Komputer Sampai Benar-benar Bersih

Untuk bisa menghapus aplikasi komputer secara bersih sampai ke akarnya kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama Revo Uninstaller. Yup, aplikasi ini memang tergolong sangat ampuh dalam urusan uninstall aplikasi secara bersih, cepat dan mudah digunakan. Untuk tutorial penggunaannya bisa kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama kali silakan diinstall dulu aplikasinya langsung dari situs resminya di www.revouninstaller.com/revo_uninstaller_free_download.html

2. Setelah diinstall di komputer kamu, langsung dijalankan aplikasinya. Kemudian di jendela utama akan tampil semua program yang terinstall di komputermu.

cara uninstall program komputer sampai bersih

3. Klik kanan pada program yang akan kita hapus, lalu pilih Uninstall. Setelah program berhasil dihapus, selanjutnya kita masuk ke tahap pembersihan sisa file sampah dari program tersebut. Pilih mode Advanced kemudian klik Scan untuk mencari registry yang tertinggal.

cara uninstall program komputer sampai bersih

4. Setelah proses scan selesai dilakukan, maka akan tampil semua registry program yang kita uninstall tadi. Pilih Select all lalu klik Delete.

cara uninstall program komputer sampai bersih

5. Selanjutnya klik Next untuk menuju ke tahap pembersihan sisa file dan folder yang masih tertinggal. Jika masih ditemukan, klik Select all lalu Delete dan Finish.

cara uninstall program komputer sampai bersih

Sampai di sini kita sudah berhasil melakukan uninstall program secara bersih tanpa menyisakan file sampah sedikitpun. Walaupun aplikasi yang kita gunakan ini merupakan versi gratisnya, namun aplikasi ini sudah cukup handal untuk menghapus program di komputer kita secara bersih. Demikian tutorial tentang cara menghapus program komputer secara bersih, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Lihat juga: Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Harddisk Komputer

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *