Cara Unlock Akun Mi Xiaomi Redmi 5A Riva yang Terkunci

Pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana cara unlock akun Mi Xiaomi Redmi 5A dengan codename Riva dan nomor model MCG3B.

Masalah yang paling umum dialami oleh para pengguna smartphone Xiaomi adalah terkunci akun Mi (Mi Account). Hal ini biasanya terjadi setelah melakukan factory reset atau wipe data dan pada saat dinyalakan, smartphone akan terkunci oleh layanan Mi Cloud yang tampilannya kira-kira seperti ini:

Xiaomi Redmi 5A terkunci akun Mi

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, muncul keterangan “This device is locked”, “This device is associated with an existing Mi Account. For security reasons, you need to enter password to verify the device”.

Ini berarti, kita harus login menggunakan akun Mi yang sebelumnya tertaut di perangkat tersebut untuk memverifikasinya. Tentu saja langkah ini bisa dilewati dengan mudah jika masih ingat email dan password akun Mi tersebut.

Tetapi bagaimana jika kamu lupa kata sandi akun Mi? jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan reset password dengan syarat kamu memiliki akses ke alamat email atau nomor hp yang tertaut dengan akun Mi tersebut.

Namun jika tidak memiliki akses ke email maupun nomor hp-nya, maka cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah unlock atau clean Mi Account menggunakan PC.

Cara Unlock Xiaomi Redmi 5A yang Terkunci Akun Mi

Pada tutorial kali ini kita akan melakukan flashing file khusus untuk clean Mi Account menggunakan MiFlash Tool. Untuk melakukan flashing, kita harus masuk ke EDL mode 9008 menggunakan metode test poin.

Untuk melakukan test poin tentunya kamu harus membongkar casing belakang smartphone terlebih dahulu, jadi harap ikuti cara ini dengan hati-hati ya.

Berikut bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

1. Melakukan Test Poin Untuk Masuk ke EDL Mode 9008

Pertama-tama bongkar casing belakang hp, bisa menggunakan kuku atau menggunakan alat bantu yang tipis seperti kartu SIM misalnya.

Setelah itu buka penutup mesin dengan cara melepas sekrup menggunakan obeng.

Maka akan terlihat dua buah titik test poin di mainboard seperti gambar di bawah ini.

titik test poin Xiaomi Redmi 5A

Selanjutnya kita beralih ke komputer, install file Qualcomm Driver Installer dan MiFlash Tool yang sudah didownload tadi.

Setelah di-install, jalankan aplikasi MiFlash Tool.

Sebelum menghubungkan smartphone ke komputer dengan kabel USB, matikan smartphone dengan cara melepas socket baterainya.

melepas socket baterai Redmi 5A

Setelah smartphone benar-benar mati, kini saatnya kita melakukan test poin.

Pertama sekali colokan kabel USB ke smartphone, lalu hubungkan kedua titik test poin menggunakan pinset.

menghubungkan titik test poin

Sambil menghubungkan kedua titik test poin, colokkan juga kabel USB ke komputer dan tunggu beberapa saat sampai komputer mendeteksi smartphone sebagai EDL Mode, lalu lepas pinsetnya.

Untuk mengetahui apakah smartphone sudah terdeteksi, buka Device Manager di komputer dengan cara klik Start Menu > Device Manager.

Device Manager

Pada bagian Ports (COM & LPT) akan muncul sebuah device dengan tulisan Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COM32). Perlu diketahui, untuk nomor COM tidak harus sama dengan tutorial ini, bisa jadi di komputer kamu nomor COM-nya berbeda.

terdeteksi sebagai EDL mode

Jika sudah muncul seperti gambar di atas, berarti handphone Xiaomi kamu sudah terdeteksi sebagai EDL Mode 9008. Jika belum terdeteksi atau koneksinya putus, kamu bisa ulangi seperti langkah sebelumnya. Perhatikan baik-baik urutannya:

  • Colokkan kabel USB ke smartphone
  • Hubungkan kedua titik test poin dan tahan
  • Colokkan kabel USB ke komputer
  • Tunggu beberapa saat sampai device terdeteksi dan lepas pinsetnya.

Kemudian kita beralih ke aplikasi MiFlash Tool, klik tombol Refresh sehingga muncul sebuah device yang bertuliskan COM32 ( pastikan angkanya sama dengan COM yang muncul pada Device Manager pada langkah sebelumnya).

device terbaca di MiFlash Tool

Setelah smartphone terbaca dengan baik di MiFlash Tool, langkah selanjutnya adalah melakukan flashing file Riva MiCloud Clean ke smartphone.

2. Melakukan Flashing File Riva MiCloud Clean

Pertama-tama extract file Riva MiCloud Clean yang sudah didownload tadi dengan cara klik kanan > Extract here, akan muncul sebuah folder bernama RIVA_MICLOUD_CLEAN.

Kembali ke MiFlash Tool, klik tombol Select dan cari folder RIVA_MICLOUD_CLEAN yang sudah di-extract tadi, lalu klik Ok.

input folder Riva Micloud Clean

Selanjutnya kita mulai proses flashing dengan mengeklik opsi clean all pada bagian bawah, lalu klik tombol Flash.

proses flashing file MiCloud Clean

Tunggu beberapa detik sampai muncul keterangan succes dan status flash done.

proses flashing selesai

Selanjutnya cabut kabel USB dan pasang soket baterainya, lalu coba nyalakan smartphone-nya.

Sampai di sini akun Mi sudah berhasil di-unlock dan tampilan This device is locked (gambar gembok) seperti sebelumnya juga sudah hilang.

Tetapi smartphone kamu masih belum normal dikarenakan semua sensor menjadi tidak berfungsi setelah clean Mi Account. Oleh karena itu, kita harus melakukan fix sensor dengan cara yang sama seperti sebelumnya, namun kali ini kita akan menggunakan file Riva MiCloud Fix Sensor.

3. Fix Sensor Redmi 5A

Pertama-tama matikan dulu smartphone dengan cara mencabut socket baterai, lalu masuk ke EDL Mode dengan test poin seperti langkah sebelumnya.

Extract file RIVA_MICLOUD_FIXSENSOR.rar yang sudah didownload tadi dengan cara klik kanan > Extract here, akan muncul folder yang bernama RIVA_MICLOUD_FIXSENSOR.

Selanjutnya buka MiFlash Tool dan klik tombol Refresh dan pastikan device sudah terbaca dengan baik.

Setelah terbaca, klik tombol Select dan pilih folder RIVA_MICLOUD_FIXSENSOR yang sudah di-extract tadi dan klik Ok.

input folder riva micloud fix sensor

Kemudian klik opsi clean all dan klik tombol Flash, tunggu beberapa detik sampai proses flashing selesai.

Setelah succes dan status flash done, lepaskan kabel data yang terhubung ke smartphone, lalu pasang socket baterainya dan nyalakan seperti biasa.

Untuk menyalakan smartphone yang sudah di-flash biasanya memakan waktu selama 1-2 menit, tetapi jika lebih dari itu bisa dipastikan smartphone kamu boot loop atau mentok logo. Memang hal ini sering terjadi pada Redmi 5A dengan MIUI 10/MIUI 11 setelah melakukan clean Mi Cloud dan fix sensor.

Xiaomi Redmi 5A mentok logo

Jangan khawatir, hal ini bisa diatasi dengan melakukan flashing Redmi 5A menggunakan firmware ROM Global MIUI 11. Oke, langsung saja menuju ke langkah-langkahnya sebagai berikut.

4. Flash Redmi 5A Menggunakan ROM Global MIUI 11

Untuk langkah-langkahnya sama saja, matikan smartphone dengan mencabut socket baterai, lalu masuk ke EDL Mode dengan test poin seperti langkah sebelumnya.

Download firmware Redmi 5A Global ROM MIUI 11 dan taruh di Drive C. Ingat ya untuk melakukan flashing firmware, file-nya harus ditaruh di Drive C (bukan Drive D), bisa di folder Downloads, Document, Desktop, yang penting di Drive C.

Setelah didownload, extract file tersebut dengan cara double klik file riva_global_images sampai muncul jendela WinRAR, di dalamnya terdapat sebuah file lagi dengan tulisan riva_global_images.

membuka file ROM

Double klik file tersebut dan tunggu prosesnya sampai selesai hingga muncul jendela WinRAR baru lagi. Di dalamnya terdapat sebuah folder riva_global_images, klik folder tersebut 1x lalu klik menu Extract to dan pilih lokasi di mana kamu akan meng-extractnya. Ingat, pastikan lokasinya di Drive C ya.

extract file ROM

Tunggu proses extract sampai selesai hingga muncul sebuah folder riva_global_images.

Selanjutnya buka software MiFlash Tool dan klik tombol Refresh, pastikan device terbaca dengan baik.

Setelah itu klik tombol Select dan cari folder riva_global_images yang sudah di-extract tadi, lalu klik Ok.

input file riva global images

Pilih opsi clean all, klik tombol Flash dan tunggu proses flashing sampai selesai. Memang proses flashing ROM memakan waktu agak lama mengingat ukuran file-nya yang besar.

flashing file riva global images

Setelah proses flashing selesai, cabut kabel USB dan nyalakan smartphone-nya. Jangan lupa untuk memasang socket baterai sebelum dinyalakan.

Sampai di sini Redmi 5A sudah tidak boot loop lagi, dan kita akan disambut dengan Welcome screen MIUI 11 seperti gambar di bawah ini.

welcome screen Redmi 5A

5. Setup Redmi 5A Setelah Unlock Akun Mi

Setelah melewati serangkaian proses yang cukup panjang dan smartphone berhasil masuk ke tampilan Welcome screen, langkah selanjutnya melakukan setup Redmi 5A agar smartphone bisa digunakan seperti sedia kala.

Untuk tutorial setup-nya cukup panjang dan jika admin tuliskan di sini akan memakan waktu yang agak lama. Jadi, silakan kamu tonton videonya di bawah ini ya.

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara unlock akun Mi Redmi 5A yang bisa kamu coba. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan semoga berhasil.