Cara Unlock Mi Account (Mi Cloud) Xiaomi Redmi 4x Lupa Password

Pada tutorial kali ini Konyoha akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi Xiaomi Redmi 4x yang terkunci akun mi. Dalam beberapa kasus, banyak pengguna Xiaomi yang mengalami masalah dimana smartphone nya terkunci oleh Mi Account (Mi Cloud).

Sehingga pengguna tidak bisa menggunakan smartphone sebelum melakukan login dengan akun Mi yang digunakan sebelumnya. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Mi Account dan kenapa bisa menyebabkan smartphone terkunci?

Penyebab Xiaomi Redmi 4x Terkunci Mi Account

Mi Account adalah sebuah layanan yang disediakan bagi pengguna smartphone Xiaomi MIUI layaknya iCloud pada iPhone. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Mi Account, di antaranya melacak lokasi android yang hilang atau dicuri, mengunci dari jarak jauh, penyimpanan awan, dan masih banyak lainnya.

Jika pengguna melakukan hard reset (factory reset) smartphone Xiaomi miliknya, secara otomatis akan terkunci setelah smartphone dinyalakan. Maka pengguna harus masuk menggunakan akun Mi yang telah digunakan sebelumnya agar hp bisa ter-unlock.

Tetapi bagaimana jika kita lupa username dan password Mi Account? Solusi pertama yang bisa kita lakukan yaitu dengan metode reset password. Akan tetapi cara ini hanya berhasil jika kita ingat email atau nomor hp yang kita daftarkan pada saat membuat akun.

Namun jika kita tidak ingat lagi, maka metode lain yang bisa kita gunakan adalah dengan cara bypass akun Mi Redmi 4x menggunakan PC. Sebelum kita masuk ke tutorialnya, pastikan dulu versi MIUI yang kamu gunakan saat ini adalah MIUI 8 Marsmallow. Jika sebelumnya pernah di-upgrade ke MIUI 9 atau MIUI 10, silakan di-downgrade terlebih dahulu ke MIUI 8.

Baca: Cara downgrade versi MIUI semua tipe Xiaomi

Oke, setelah smartphone dipastikan menggunakan MIUI 8, selanjutnya yang kita butuhkan adalah peralatan atau bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan unlock Mi Cloud (akun Mi) Redmi 4x. Berikut bahan-bahannya:

  • Komputer PC atau laptop dengan OS Windows 7, 8, 8.1, atau 10
  • Kabel USB
  • Alat untuk membuka casing belakang berupa obeng dan benda tipis untuk mencongkel. Membuka casing belakang dilakukan agar kita bisa masuk ke EDL mode. Hal ini wajib dilakukan bagi hp nya yang masih terkunci bootloader (locked bootloader).
  • Pinset
  • Mi Flash Tool (pilih yang terbaru)
  • File Unlock Micloud Redmi 4x

Untuk file Unlock Micloud di dalamnya ada dua macam, yaitu Micloud4x1 (sudah fix sensor) dan Micloud4x2 (belum fix sensor). Jika nantinya proses flash gagal dengan file Micloud4x1, mau tidak mau kamu harus menggunakan file Micloud4x2 yang nantinya sensor hp kamu tidak berfungsi.

Cara Unlock Mi Account Xiaomi Redmi 4X Santoni

Pertama sekali install software Mi Flash Tool di komputer kamu.

Ekstrak juga file Unlock Micloud Redmi 4x yang sudah didownload tadi. Lalu copy folder MICLOUD4X1 ke Desktop. Ingat ya, ekstraknya harus ke Desktop, jangan ke folder lain dan nama foldernya tidak boleh diubah (Rename).

Kemudian matikan smartphone kamu dan buka casing belakang. Jika casing sudah terbuka, lepas konektor fleksibel dari sensor sidik jari.

Setelah casing belakang, buka juga tutup mesinnya dengan melepas beberapa baut.

Setelah terbuka, kita akan melihat dua buah titik test point (warna kuning) yang berada pada bagian kanan bawah kamera. Kedua titik inilah yang akan kita hubungkan menggunakan pinset untuk masuk ke EDL mode nantinya.

cara unlock mi account xiaomi redmi 4x

Selanjutnya hubungkan kedua titik test point tersebut menggunakan pinset sambil mencolokkan kabel USB yang terhubung ke komputer. Jika berhasil maka smartphone akan terbaca oleh PC.

cara unlock mi account xiaomi redmi 4x 2

Jika tidak terbaca pastikan smartphone kamu sudah benar-benar mati dengan cara melepas konektor baterai, setelah itu pasang kembali konektor baterainya. Kemudian ulangi lagi langkah sebelumnya.

Sampai tahap ini seharusnya smartphone kamu sudah terbaca oleh PC. Untuk memastikannya silakan cek dengan cara masuk ke menu Device Manager -> pilih Ports (COM & LPT). Jika muncul Qualcomm HS-USB QDLoader 9008, maka smartphone sudah terbaca.

cara unlock mi account xiaomi redmi 4x 3

Jalankan software Mi Flash Tool dan klik tombol Refresh di sebelah kanan atas. Sehingga muncul sebuah COM yang sama dengan Port pada Device Manager tadi.

cara unlock mi account xiaomi redmi 4x 4

Setelah itu klik tombol Select dan pilih folder Micloud4x1 yang sudah di-copy ke Desktop tadi, lokasinya yaitu Desktop\MICLOUD4X1.

Jika file-nya sudah dipilih, langsung saja klik tombol Flash untuk memulai proses flashing. Dalam 3 sampai 4 detik prosesnya sudah selesai dan ditandai dengan status flash done.

Sampai di sini proses flashing file patch unlock Mi Cloude sudah selesai dan kabel USB sudah bisa dilepas. Selanjutnya lepas konektor baterai agar smartphone benar-benar mati dan setelah itu pasang kembali.

Nyalakan smartphone dengan menekan dan tahan tombol power sampai muncul logo Mi. Tunggu beberapa detik sampai smartphone menyala.

Setelah menyala, bisa kita lihat bahwa menu login akun Mi bisa kita lewati. Ini berarti proses unlock Mi Account berhasil dilakukan. Selanjutnya lakukanlah settingan awal seperti biasanya.

cara unlock mi account xiaomi redmi 4x 5

Sampai di sini smartphone kamu sudah terbebas dari akun Mi yang lama. Kamu bisa membuat akun Mi baru jika diinginkan. Silakan cek pada menu Setelan -> Akun Mi.

Tahap Terakhir

Sampai di sini tutorial tentang cara Unlock Akun Mi Xiaomi Redmi 4x lupa password sudah selesai dilakukan. Silakan matikan lagi smartphone kamu lalu pasang tutup mesin dan casing belakang. Setelah selesai, nyalakan kembali dan cek apakah semua sensor bekerja dengan baik. Mulai dari sensor Accelerometer, Proximity, Compas, Fingerprint dan lain-lain.

Tutorial Video

Demikian tutorial tentang cara bypass mi account (micloud) xiaomi redmi 4x yang bisa kamu coba. Tutorial ini akan berhasil jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar. Seperti biasanya, jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, silakan tulis pada komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *