Cara Factory Reset dan Hapus Pola Samsung Galaxy A50 Tanpa PC

Pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana cara factory reset dan hapus pola Samsung Galaxy A50 yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan PC. Sebenarnya tidak hanya pola saja yang kita hapus, melainkan juga kunci layar berupa pin, kata sandi, sidik jari dan sebagainya.

Namun perlu untuk diketahui bahwa melakukan hard reset atau factory reset akan menyebabkan semua data yang ada di memory internal terhapus. Jika kamu melakukan hard reset dengan tujuan untuk membersihkan smartphone dari virus, malware atau error lainnya kamu harus melakukan backup data terlebih dahulu.

Selain itu, melakukan factory reset juga akan mengakibatkan smartphone kamu terkunci oleh Google FRP (Factory Reset Protection) saat smartphone dinyalakan. Jadi, pastikan juga kamu masih ingat email dan password akun Google yang ter-login di smartphone tersebut. Jika sudah terlanjur lupa, jangan panik dulu karena kita bisa melakukan bypass Google FRP yang akan kita bahas pada tutorial berikutnya.

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah factory reset dan hapus pola Samsung Galaxy A50 berikut ini.

Cara Factory Reset Samsung Galaxy A50 Tanpa PC

1. Masuk ke Recovery Mode Samsung Galaxy A50

Pertama-tama, dalam keadaan smartphone menyala seperti gambar di bawah ini, masuk ke recovery mode dengan cara tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan dan tahan beberapa saat.

masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A50

Kemudian smartphone akan mati dan tunggu sampai muncul logo Samsung Galaxy A50 lalu lepaskan kedua tombol.

muncul logo, lepaskan tombol

Tunggu sampai muncul logo Samsung, setelah logo samsung muncul dengan cepat tekan tombol power + volume bawah dan tahan, tunggu sampai smartphone-nya mati (logo samsung hilang).

masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A50

Setelah smartphone-nya mati, langsung ganti posisi tombol dengan menekan tombol power + volume atas secara bersamaan dan tahan.

masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A50

Tahan dan tunggu sampai muncul logo Samsung Galaxy A50. Setelah logonya muncul, lepas tombol power tetapi tetap menahan tombol volume atas.

masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A50

Tahan terus sampai masuk ke recovery mode seperti gambar di bawah ini, lalu lepaskan tombol volume atas.

berhasil masuk ke recovery mode

2. Melakukan Factory Reset Samsung Galaxy A50

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, pindah ke menu Wipe data/factory reset menggunakan tombol volume bawah. Jika sudah dipindahkan, tekan tombol power untuk Ok (masuk ke menu tersebut).

memilih wipe data

Biasanya akan muncul pilihan Yes atau No, namun pada smartphone ini tampaknya menggunakan bahasa lain. Langsung saja pilih opsi nomor dua untuk melanjutkan wipe data.

memulai wipe data

Tunggu proses wiping data selesai sampai muncul tulisan Data wipe complete di bagian paling bawah.

factory reset berhasil

Setelah itu restart smartphone dengan memilih menu Reboot system now dan tunggu sampai smartphone menyala.

pilih reboot system now

Setelah menyala dan muncul tampilan setup, lakukanlah setup seperti biasa layaknya membeli smartphone baru.

jendela setup samsung galaxy a50

Lakukan beberapa langkah setup hingga kamu dihadapkan pada tampilan untuk memasukkan pola, lalu pilih opsi Gunakan akun Google saya, sehingga tampil halaman login akun Google seperti gambar di bawah ini.

login akun Google

Silakan masuk menggunakan akun Google yang tersinkron sebelumnya pada smartphone tersebut.

Setelah berhasil masuk, lanjutkan proses setup sampai berhasil masuk ke tampilan menu dan smartphone sudah normal kembali.

Namun bagaimana jika kamu lupa email dan password akun Google-nya? jangan panik dulu, kita akan melakukan bypass FRP Google yang akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

Baca: Cara Bypass Google FRP Samsung Galaxy A50 Tanpa PC

Tutorial video:

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara factory reset dan hapus pola Samsung Galaxy A50 yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa PC. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait pembahasan ini, silakan berkomentar lewat kolom komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.