Cara Factory Reset dan Hapus Pola Samsung Galaxy A10/A10s

Pada kesempatan kali ini admin akan share bagaimana cara hard reset atau factory reset Samsung Galaxy A10/A10s terkunci pola, PIN, maupun kata sandi, yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan PC.

Lupa pola atau sandi merupakan salah satu kasus yang sering dialami oleh pengguna smartphone android, terutama Samsung. Jika ini terjadi, maka jalan satu-satunya yang harus ditempuh adalah melakukan factory reset/wipe data via recovery mode untuk menghapus kunci pola tersebut.

Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara masuk ke recovery mode pada Samsung Galaxy Series, karena memang kombinasi tombolnya sedikit berbeda dari hp android lain pada umumnya.

Catatan:

  • Jika tujuan mu melakukan factory reset untuk membersihkan virus, malware, atau masalah ringan lainnya, harap lakukan backup data terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga kamu masih ingat email dan password akun Google yang ter-login saat ini. Jika tidak, handphone kamu akan terkunci FRP Google.
  • Tetapi, jika tujuan mu untuk menghapus pola, PIN, atau kata sandi, kamu harus siap kehilangan semua data di memori internal. Selain itu pastikan juga kamu masih ingat email dan password akun Google-nya. Jika sudah terlanjur lupa, tak perlu khawatir karena kita bisa melakukan bypass FRP Google yang akan dibahas pada tutorial berikutnya.

Cara Factory Reset Samsung Galaxy A10/A10s Lupa Pola

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode

Untuk masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10s kita harus mematikan handphone-nya terlebih dahulu. Namun masalahnya, kita tidak bisa mematikan handphone yang sedang dalam keadaan terkunci pola.

Solusinya, kita harus mematikan paksa beberapa saat, lalu dengan cepat menekan tombol kombinasi untuk masuk ke recovery mode. Lebih jelasnya, silakan simak cara masuk recovery mode Samsung Galaxy A10s berikut ini:

  • Pertama-tama, dalam keadaan handphone menyala tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah beberapa saat.
masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10s
  • Tunggu sampai handphone-nya mati, setelah muncul logo Samsung Galaxy A10, lepas semua tombol.
  • Lalu tekan dan tahan lagi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10s
  • Tunggu sampai logo Samsung Galaxy A10s berganti menjadi logo Samsung, tahan terus sampai logo Samsungnya hilang.
  • Setelah logo Samsung hilang, ganti posisi tombol ke Power + Volume Atas, lalu tahan.
masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10s
  • Setelah muncul logo Samsung Galaxy A10s, lepas tombol Power sambil tetap menahan tombol Volume Atas.
masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10s
  • Tahan terus sampai masuk ke recovery mode, lalu lepaskan tombol Volume Atas.
berhasil masuk ke recovery mode

Langkah 2: Melakukan Factory Reset Samsung Galaxy A10/A10s

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, langkah selanjutnya yaitu melakukan factory reset atau wipe data, berikut langkah-langkahnya:

  • Gulir ke menu Wipe data/factory reset menggunakan tombol Volume Atas (ke atas) dan Volume Bawah (ke bawah).
factory reset Samsung Galaxy A10s
  • Kemudian tekan tombol Power untuk Ok.
  • Gulir ke Factory data reset, lalu tekan tombol Power untuk Ok.
factory reset Samsung Galaxy A10s
  • Tunggu proses Wiping data sampai selesai.
  • Setelah Data wipe complete, pilih Reboot system now.
factory reset Samsung Galaxy A10s
  • Tunggu proses booting sampai smartphone menyala dan masuk ke tampilan setup awal.
factory reset selesai

Sampai di sini kita sudah berhasil melakukan factory reset Samsung Galaxy A10/A10s. Langkah selanjutnya adalah melakukan setup smartphone sampai berhasil masuk ke tampilan menu utama.

Jika handphone masih meminta konfirmasi pola seperti gambar di bawah ini, pilih opsi Gunakan akun Google saya untuk verifikasi menggunakan akun Google yang tersinkron sebelumnya.

melakukan setup awal

Tetapi, bagaimana jika terlanjur lupa akun Google-nya? tak perlu khawatir, kamu bisa melakukan bypass FRP Samsung Galaxy A10s lupa akun Google.

Tutorial video:

Sekian dulu tutorial tentang cara factory reset Samsung Galaxy A10/A10s lupa pola yang bisa kamu coba. Jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua.