6 Game Simulator Pesawat Android Terbaik di 2019

Sebelum bisa menerbangkan pesawat sungguhan, seorang pilot dilatih menggunakan simulator pesawat terlebih dahulu. Tak cukup di situ saja, mereka juga belajar semua hal yang berkaitan dengan ilmu penerbangan.

Saat ini tersedia banyak sekali simulator pesawat terbang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan edukasi. Mulai dari simulator fisik yang dilengkapi dengan cockpits sungguhan, sampai dengan simulator yang bisa digunakan di perangkat PC.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini simulator pesawat terbang sudah bisa dinikmati oleh siapa saja di perangkat samrtphone android dan iOS. Tak kalah canggih dibandingkan versi PC, game simulator android yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang cukup lengkap.

Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana rasanya menjadi seorang pilot, pada artikel kali ini Konyoha akan mengajak kamu untuk menerbangkan pesawat lewat 6 game simulator android terbaik berikut ini.

1. X-Plane 10

X-Plane 10

Tak hanya dikenal sebagai simulator pesawat terbaik sepanjang masa di perangkat PC, seri X-Plane kini sudah hadir di perangkat android. Yang admin suka dari X-Plane 10 ini adalah tersedianya 5 scenery yang begitu detail, serta dilengkapi dengan airport, cuaca dan pencahayaan yang terlihat sangat nyata.

Selain itu tersedia juga beragam jenis pesawat terkenal, di antaranya Cessna 172, Boeing B737-800, Airbus A320, hingga jenis pesawat tempur seperti F-4 Phantom II Fighter. Semua pesawat yang tersedia dilengkapi dengan berbagai macam liveries ternama, serta tampilan 3D cockpits dengan tombol-tombol yang lengkap.

Selain menawarkan pengalaman terbang yang realistis, X-Plane 10 juga mendukung mode internet multiplayer. Namun kekurangannya adalah scenery yang terbatas sehingga kita tidak bisa terbang ke seluruh bandara yang ada di dunia.

X-Plane 10 Flight Simulator
X-Plane 10 Flight Simulator

2. Infinite Flight

Infinite Flight

Sesuai dengan namanya, Infinite Flight menawarkan pengalaman terbang tanpa batas. Artinya kita bisa terbang ke seluruh belahan dunia dengan lebih dari 25.000 airport, termasuk beberapa airport di Indonesia seperti Jakarta, dll.

Sampai saat ini, Infinite Flight menjadi simulator pesawat dengan fitur paling lengkap dan paling nyata di android. Tersedia mode Global Multiplayer yang dilengkapi dengan ATC, sehingga semua pemain di seluruh dunia bisa terbang bersama-sama.

Selain itu, dilengkapi dengan scenery high definition dengan citra satelit, pesawat yang lengkap dan lebih detail, serta hampir semua liveries yang ada di dunia. Termasuk beberapa liveries dari Indonesia seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan sebagainya.

Untuk bisa menikmati mode global multiplayer pemain dikenakan tarif berlangganan bulanan maupun tahunan. Namun itu semua sepadan dengan fitur yang disediakannya.

3. Airline Commander

Airline Commander

Berikutnya ada Airline Commander yang mengajak kamu untuk terbang dan menaklukkan rute di seluruh dunia. Sebenarnya admin belum pernah mencoba simulator yang satu ini, tetapi menurut keterangan game nya di sini kita bisa membuat maskapai penerbangan sendiri dan mengelola pesawat.

Walaupun bandara yang tersedia tidak selengkap Infinite Flight, namun game ini cukup menarik karena tersedia beragam tingkatan misi, serta dilengkapi juga dengan berbagai kondisi cuaca.

4. RFS-Real Flight Simulator

RFS-Real Flight Simulator

Dikembangkan oleh developer yang sama dengan Ariline Commander, yaitu RORTOS, game ini bakal menjadi pesaingnya Infinite Flight. Walaupun masih versi beta atau dalam tahap pengembangan, kita sudah bisa mencobanya dengan harga diskon.

Mirip dengan Infinite Flight, di game ini kita bisa bermain secara global multiplayer dengan mengunjungi bandara yang ada di seluruh dunia, termasuk di indonesia. Untuk jenis pesawatnya sendiri juga terbilang sangat lengkap serta leveries yang banyak, termasuk beberapa liveries terkenal di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dll.

Untuk scenery nya sendiri RFS juga menggunakan citra satelit beresolusi tinggi, sehingga kita bisa merasakan terbang di dunia yang benar-benar nyata. Untuk bisa terbang pada mode online multiplayer dan menikmati scenery citra satelit, kita harus berlangganan versi pro terlebih dahulu.

RFS - Real Flight Simulator
RFS - Real Flight Simulator
Developer: RORTOS
Price: $0.99+

5. Flight Pilot Simulator 3D Free

Flight Pilot Simulator 3D

Jika kamu mencari game simulator pesawat android offline dan gratis, maka kamu bisa mencoba Flight Pilot Simulator 3D. Game ini menawarkan pengalaman terbang dengan kontrol yang intuitif dan grafis 3D.

Selain itu tersedia juga beragam misi yang sangat menantang, misalnya keadaan darurat, misi penyelamatan, kebakaran, pendaratan kasar, dan lain-lain. Untuk jenis pesawatnya juga beragam, mulai dari pesawat komersial sampai dengan pesawat militer.

6. Aerofly 2 Flight Simulator

Aerofly 2

Game simulator pesawat android terbaik terakhir yang bisa kamu coba adalah Aerofly 2. Di sini kamu akan menikmati pengalaman terbang di langit San Fransisco Bay dan sekitarnya. Meskipun scenery nya terbatas, tetapi kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah seperti perkotaan, laut, danau, dan sebagainya.

Tersedia berbagai tingkatan mengenai dasar-dasar ilmu penerbangan, sehingga kamu akan dilatih mulai dari nol sampai bisa mengemudikan pesawat. Selain itu tersedia lebih dari 70 bandara dan 17 pesawat, 6 di antaranya bisa digunakan secara gratis.

Aerofly 2 Flight Simulator
Aerofly 2 Flight Simulator
Developer: IPACS
Price: $3.99+

Baca juga: Kumpulan Game Simulator Android Seru dengan Grafis 3D

Nah, itu dia daftar game simulator pesawat android terbaik yang bisa dimainkan secara offline maupun online multiplayer. Dari ke enam simulator di atas manakah yang kamu sukai? silakan tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *