5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengisi Baterai Smartphone

Charge adalah salah satu kegiatan yang harus kamu penuhi untuk membuat smartphone kamu tetap menyala. Untuk men-charge smartphone hingga baterainya terisi penuh membutuhkan waktu setidaknya 4 jam atau bahkan lebih tergantung kapasitas baterai yang digunakan.

Selama ini banyak pengguna smartphone yang salah dalam men-charge smarphone nya sendiri sehingga mengakibatkan baterai rusak atau menurunya performa baterai sehingga banyak yang mengeluhkan baterai bocor atau cepat habis. Sebenarnya ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat mengisi ulang baterai smartphone dengan alasan tertentu yang bisa mengakibatkan baterai smartphone kamu rusak bahkan bisa juga meledak. Untuk itu kamu perlu mengetahui tentang hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat men-charge hp.

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Men-charge Smartphone

1. Jangan Charge HP Kamu Semalaman

Selama ini banyak orang yang men-charge hp nya semalaman sambil tidur, hal ini memang membuat kita merasa tidak terlalu lama menunggu karena begitu bangun tidur baterai hp langsung penuh. Tapi perlu kamu ketahui bahwa men-charge smartphone terlalu lama bisa menyebabkan kelebihan daya pada baterai sehingga menjadi panas dan bahkan baterai hp kamu bisa meledak.

2. Jangan Tunggu Baterai HP Menjadi 0% Sebelum Di-charge

Hal kedua yang masih banyak dialami pengguna smartphone pada saat ini adalah membiarkan baterai hp nya benar-benar habis sehingga mati dengan sendirinya. Hal ini sangat dilarang karena setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau berapa kali charge yang bisa dilakukan hingga performanya menurun. Setiap kamu menggunakan smartphone hingga baterainya 0% maka kemungkinan besar akan menurunkan performanya.

Jadi, ketika baterai tersisa 30% sebaiknya kamu langsung men-charge smartphone kamu guna mencegah menurunnya peforma baterai tersebut.

3. Jangan Gunakan Smartphone Selama Proses Charge Berlangsung

Kebanyakan penyebab bocornya baterai smartphone dikarenakan memainkan hp sambil di-charge. Memang sih kecanduan smartphone membuat penggunanya betah berlama-lama, bahkan memainkan game atau memutar musik sambil men-charge. Jadi, disarankan agar kamu menghentikan sementara kegiatan kamu sejenak hingga baterainya benar-benar terisi penuh.

4. Jangan Men-charge di Atas Kasur Atau di Bawah Bantal

Meletakkan smartphone yang sedang di-charge di atas kasur atau di bawah bantal lama-lama bisa menghasilkan panas yang berlebihan pada baterai, bahkan bisa menimbulkan ledakan yang bisa melukai diri kita. Sebelumnya sudah banyak kejadian serupa yang mengakibatkan meledaknya baterai smartphone sehingga membakar kasur. Bayangkan jika kejadian itu terjadi ketika kita sedang tidur, bisa-bisa nyawa kita jadi taruhannya. Jadi, sangat sarankan untuk menaruh smartphone yang sedang di-charge di tempat yang permukaannya datar dan keras seperti di atas meja, tidak di tempat yang empuk seperti kasur.

5. Jangan Charge Smartphone Menggunakan Charger Bajakan

Menggunakan charge bajakan bisa mengakibatkan rusanya hp atau baterai, hal ini terjadi karena output yang dihasilkan oleh charge bajakan tidak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Misalnya di sana tertulis output 2A tetapi aslinya bisa di bawah 2A. Sehingga daya yang masuk ke hp tidak sesuai dengan semestinya. Selain itu, colokan pada charger bajakan bisa jadi tidak sesuai dengan input yang ada pada smartphone kita.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan pada saat men-charge smartphone kesayanganmu. Jika kamu memiliki tips lainnya yang bersangkutan dengan artikel ini, silakan tulis di komentar ya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *