Cara Install Custom ROM DotOS 5.2.1 di Poco X3 Pro (Vayu)

cara install custom rom dotos di Poco X3 Pro

Halo, berjumpa lagi dengan konyoha.com, pada artikel kali ini admin akan menjelaskan secara detail cara install custom ROM DotOS di Poco X3 Pro dengan codename vayu. Sebelum masuk ke tutorialnya, admin akan menjelaskan sedikit tentang custom ROM ini.

DroidOnTime atau disingkat DotOS merupakan salah satu custom ROM android berbasiskan AOSP yang dikembangkan oleh DotOS Team. ROM ini menawarkan user interface yang unik dan performa yang optimal, namun tetap memperhatikan keseimbangan antara performa dengan daya tahan baterai.

Selain itu, Custom ROM ini juga menyedian sistem update OTA dengan patch security terbaru setiap satu bulan sekali. Jadi, kamu tak perlu khawatir dengan keamanan dan kestabilannya.

Untuk versi DotOS yang akan kita install kali ini menggunakan versi 5.2.1 yang merupakan versi final update untuk Android 11. Dan selanjutnya mereka akan fokus untuk mengembangkan DotOS versi 6.0 berbasis Android 12.

Persiapan Instalasi DotOS di Poco X3 Pro

Oke, sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, antara lain:

  • Harus siap untuk kehilangan garansi HP. Jika kamu tidak ingin kehilangan garansinya, sebaiknya jangan lakukan ini.
  • Backup data. Ini juga wajib dilakukan karena proses instalasi akan menghapus semua data (seperti foto, video, dll) yang ada di memori internal.
  • Lakukan UBL atau Unlock Bootloader Poco X3 Pro.
  • Flash custom recovery TWRP di Poco X3 Pro.
  • Download DotOS 5.2.1 atau yang terbaru. Ada dua variant, yaitu Vanilla (tanpa aplikasi Google) dan Gapps (sudah include aplikasi Google), dan pada tutorial ini kita menggunakan versi Gapps.

Jika semua persiapan di atas sudah dilakukan, saatnya kita lanjut ke langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah-langkah Install Custom ROM DotOS di Poco X3 Pro

Time needed: 30 minutes.

  1. Masuk ke Recovery Mode

    Pertama-tama matikan smartphone terlebih dahulu, masuk ke recovery mode dengan cara menekan dan tahan tombol Power + Volume atas sampai muncul logo Poco, lalu lepaskan tombol Power sambil tetap menahan tombol volume atas hingga berhasil masuk ke TWRP.

    volume atas dan power

  2. Wipe Data

    Lakukan Wipe Data dengan cara masuk ke menu Wipe > Advanced Wipe. Centang pada Dalvik, Data, dan Cache, lalu geser tombol Swipe to wipe ke kanan untuk melanjutkan. Setelah proses Wipe Data selesai, kembali ke menu utama dengan cara menekan tombol Home.

    wipe data

  3. Install ROM

    Selanjutnya masuk ke menu Install dan cari lokasi di mana kamu menyimpan file ROM DotOS berekstensi .zip yang sudah didownload tadi.

    Jika sudah ditemukan, flash ROM tersebut dengan cara klik file-nya dan geser tombol Swipe to confirm Flash untuk melanjutkan dan tunggu poses flashing selesai. Jika sudah, kembali lagi ke menu Home.

    install rom

  4. Format Data

    Lakukan format data dengan cara masuk ke menu Wipe > Format Data, lalu ketik Yes untuk melanjutkan.

    format data

  5. Reboot System

    Terakhir, klik Reboot System dan tunggu sampai hp-nya booting dan masuk ke halaman setup awal.

    reboot system

Sampai di sini kita sudah berhasil menginstall DotOS di Poco X3 Pro, selanjutnya lakukan setup awal sampai masuk ke home screen layaknya kamu membeli smartphone baru.

Jika tutorial di atas kurang jelas, kamu bisa tonton video berikut ini:

Kesimpulan

Menurut admin custom rom ini sangat bagus, terutama dari segi user interface-nya yang unik, smooth dan irit baterai, sehingga sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Kemudian dari segi performa, ROM ini juga menawarkan performa yang sangat tinggi, terbukti dengan uji coba yang kami lakukan pada Antutu V9 dengan score mencapai 562.885, sehingga ROM ini sangat cocok jika kamu adalah seorang gamer sejati.

Selengkapnya tentang tes performa dan tes gaming yang kami lakukan pada ROM ini, bisa kamu tonton di video yang admin bagikan di atas.

Sekian dulu tutorial cara install custom rom DotOS di Poco X3 Pro, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya.