Cara Install Nusantara Project 4.1 Android 12 di Poco X3 Pro (Vayu)

cara install nusantara project android 12 poco x3 pro vayu

Halo, jumpa lagi dengan Konyoha.com, pada artikel kali ini admin akan menjelaskan tutorial tentang cara install custom ROM Nusantara Project di Poco X3 Pro dengan codename vayu. Untuk versi yang akan kita install kali ini adalah Nusantara Project versi 4.1 Shodanco berbasis Android 12.

Sekilas Tentang Nusantara Project

nusantara project android 12 di poco x3 pro

Dari namanya saja bisa kita tebak custom ROM ini berasal dari mana. Ya, Nusantara Project adalah salah satu custom ROM buatan anak bangsa. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan developer dari seluruh penjuru dunia juga ikut berkontribusi untuk mengembangkan ROM ini, karena Nusantara Project merupakan proyek open source.

Nusantara Project adalah salah satu custom ROM berbasis AOSP (Android Open Source Project) dengan tampilan user interface yang simple, bersih, dan elegan. Yang pasti, custom ROM ini sangat ringan dibandingkan stock ROM MIUI karena tidak ada bloatware sama sekali.

Persiapan Sebelum Install

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah instalasinya, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari persyaratan hingga bahan-bahan yang harus di-download.

Penting: sebelum itu, lakukan backup data terlebih dahulu karena proses instalasi akan menghapus semua data di memori internal seperti foto, video, kontak, aplikasi, dan file lainnya di memori internal.

Persyaratan:

  • Device Poco X3 Pro kamu sudah di-unlock bootloadernya (UBL).
  • Sudah menginstall custom recovery seperti TWRP, OrangeFox, atau yang lainnya.

Bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan:

  • Firmware MIUI Global versi 12.5.7 atau yang terbaru.
  • Custom ROM Nusantara Project 4.1 Shodanco atau yang terbaru. Ada dua varian, yaitu Gapps dan Vanilla. Bedanya, versi Gapps sudah include aplikasi Google seperti Play Service, Play Store, dan lain-lain. Sedangkan Vanilla tanpa aplikasi Google, jadi kita harus menginstall Gapps secara manual. Pada tutorial kali ini admin akan menggunakan yang versi Gapps.
  • Magisk versi 24 atau yang terbaru (opsional). Jika kamu tidak ingin hp nya di-root, silakan lewati file yang satu ini.
  • Kartu Memori atau Flashdisk yang sudah support USB OTG. Berhubung proses instalasi dilakukan dengan cara clean flash, kita membutuhkan SD Card atau USB OTG Drive untuk menyimpan semua bahan-bahannya.

Oke, jika persyaratan sudah terpenuhi dan bahan-bahannya sudah kamu download, sekarang saatnya kita masuk ke langkah-langkah cara install Nusantara OS Android 12 di Poco X3 Pro.

Tutorial Cara Install Nusantara Project Android 12 di Poco X3 Pro

Berikut langkah-langkah instalasi Nussantara Project di Poco X3 Pro Vayu:

Total Time: 30 menit

1. Masuk ke TWRP

volume atas dan power

Pertama-tama kita masuk dulu ke Recovery Mode (TWRP) dengan cara matikan handphone terlebih dahulu. Setelah itu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan sampai muncul logo Poco, lalu lepas tombol Power sambil tetap menahan tombol Volume Atas sampai masuk ke TWRP.

2. Wipe Data

wipe data

Lakukan Wipe Data dengan cara masuk ke menu Wipe -> Advanced Wipe, centang Dalvik, Data, Cache. Kemudian geser tombol Swipe to Wipe ke kanan untuk melanjutkan.

3. Format Data

format data

Kembali ke menu utama, masuk ke menu Wipe -> Format Data, ketik “Yes” untuk melanjutkan.

4. Reboot ke Recovery

reboot ke recovery

Kembali ke menu utama, masuk ke menu Reboot -> Recovery, lalu tunggu handphone reboot ke TWRP.

5. Tancapkan Flashdisk atau Kartu Memori

tancapkan flashdisk

Pertama, tancapkan flashdisk jika kamu menggunakan flashdisk untuk menyimpan bahan-bahannya. Setelah itu masuk ke menu Install -> Select Storage, lalu pilih USB-OTG (jika kamu menggunakan flashdisk) atau pilih Micro SD card (jika kamu menggunakan kartu memori). Kemudian masuk ke folder di mana kamu menyimpan bahan-bahan yang sudah didownload tadi.

6. Install ROM

install rom

Untuk menginstall semua bahan-bahannya bisa dilakukan satu per satu maupun sekaligus. Pada tutorial kali ini kita akan flash semua file-nya sekaligus.

Untuk urutannya, pertama pilih Firmware Vayu MIUI Global 12.5.7, lalu klik tombol Add more Zips. Kemudian pilih file ROM Nusantara Project, lalu klik tombol Add more Zips lagi. Terakhir, pilih file Magisk. Jika sudah, geser tombol Swipe to confirm Flash ke kanan untuk melanjutkan dan tunggu proses flashing sampai selesai.

7. Reboot

reboot system

Setelah proses flashing selesai, klik tombol Wipe Cache/Dalvik, lalu lepaskan flashdisk-nya, dan klik tombol Reboot System dan tunggu proses booting sampai berhasil masuk ke halaman setup awal.

8. Lakukan Setup Awal

lakukan setup awal

Terakhir, lakukan setup awal seperti biasa layaknya kamu membeli smartphone baru.

Tutorial video:

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara install custom ROM Nusantara Project A12 di Poco X3 Pro Vayu. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis pada kolom komentar ya. Sekian dulu artikel kali ini dan semoga bermanfaat.