Cara Install Pixel Experience Android 12 di Poco X3 Pro (Vayu)

cara install pixel experience poco x3 pro vayu

Halo, berjumpa lagi dengan konyoha.com, di postingan kali ini admin akan menjelaskan tutorial bagaimana cara menginstal Custom ROM Pixel Experience 12 Official di Poco X3 Pro dengan codename vayu atau bhima.

Tentang Pixel Experience

Pixel Experience atau yang biasa disingkat PE merupakan salah satu custom ROM berbasis AOSP terbaik dan banyak digunakan saat ini. Sesuai dengan namanya, ROM ini menawarkan sejumlah fitur menarik yang hanya tersedia pada smartphone besutan Google, yaitu Google Pixel.

Beberapa fitur yang diadopsi antara lain: Boot Animasi Pixel, Pixel Launcher, Wallpaper, Icon, Font, dan beberapa barang milik Pixel lainnya termasuk aplikasi Google.

screenshot pixel experience 12 di poco x3 pro
Screenshot Pixel Experience 12

Jadi, buat kamu yang penasaran bagaimana rasanya menggunakan smartphone Google Pixel, kamu cukup menginstal custom ROM ini di Poco X3 Pro atau smartphone merek lainnya seperti Xiaomi, Poco, Realme, Samsung, OnePlus, serta perangkat lainnya yang didukung oleh Team PixelEperience secara resmi.

Sesuai dengan judulnya, versi yang akan kita install kali ini adalah Pixel Experience 12.0 Official yang merupakan build Stable pertama untuk Android 12 yang membawa perubahan besar dari segi fitur maupun user interface-nya.

Saat artikel ini ditulis, Pixel Experience yang berbasis Android 11 sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya alias Discontinued.

Oke, mungkin itu saja yang bisa admin jelaskan, tanpa panjang lebar langsung saja kita menuju ke persiapan dan bahan-bahan yang perlu kamu sediakan untuk menginstal ROM ini.

Persiapan Instalasi Pixel Experience 12

  • Backup data yang ada di memori internal. Karena proses instalasi akan menghapus semua data di memori internal, sebaiknya lakukan backup data yang dianggap penting seperti foto, video, dan lain-lain.
  • Unlock bootloader. Untuk bisa melakukan flash custom recovery nantinya, smartphone kamu harus sudah di-unlock bootloader-nya (UBL). Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya.
  • Flash custom recovery. Di sini admin menggunakan TWRP versi 3.6.0 vayu atau yang terbaru. Kamu bebas menggunakan custom recovery selain TWRP, misalnya OrangeFox atau yang lainnya.
  • Download Firmware MIUI 12.5.7 Vayu atau yang terbaru. Jika posisi hp mu sedang di MIUI 12.5 ke atas, kamu bisa lewati file yang satu ini.
  • Download file ROM Pixel Experience 12.0 Official atau yang terbaru.
  • Download Magisk 23.0 atau yang terbaru. Ini bersifat opsional ya jika kamu tidak ingin hp nya di-root, silakan lewati file yang satu ini.

Oke, jika semua persyaratan dan bahan-bahannya sudah didapatkan, saatnya kita lanjut ke langkah-langkahnya sebagai berikut.

Tutorial Cara Install Pixel Experience di Poco X3 Pro (Vayu)

Sebelum kita mulai, perlu diperhatikan bahwa proses instalasi kali ini dilakukan melalui memori internal. Jadi, kamu cukup menyimpan semua file yang sudah didownload tadi di memori internal saja tanpa membutuhkan kartu memori, flashdisk dan kabel OTG.

Total waktu: 30 menit

1. Masuk ke TWRP

volume atas dan power

Pertama-tama, matikan smartphone terlebih dahulu. Kemudian masuk ke TWRP dengan cara tekan dan tahan tombol Volume atas + Power secara bersamaan. Setelah muncul logo Poco, lepaskan tombol Power sambil tetap menahan tombol Volume atas, tunggu sampai masuk ke TWRP.

2. Wipe Data

wipe data

Jika sudah masuk ke TWRP, lakukan wipe data dengan cara klik menu Wipe -> Advanced Wipe. Centang Dalvik, Data, dan Cache, lalu geser tombol Swipe to Wipe ke kanan untuk melanjutkan.

3. Masuk ke Direktori File

masuk ke direktori file

Kembali ke halaman utama dan klik menu Install. Kemudian cari lokasi di mana kamu menyimpan file yang sudah didownload tadi.

4. Install ROM Pixel Experience

install rom pixel experience

Untuk urutan instalasinya jangan sampai salah ya. Pertama sekali pilih file Firmware-nya, lalu klik Add more Zips, Pilih file ROM Pixel Experience, klik Add more Zips lagi, terakhir pilih file Magisk. Jika sudah, geser tombol Swipe to confirm Flash ke kanan untuk melanjutkan proses flashing dan tunggu sampai selesai.

5. Format Data

format data

Jika sudah, kembali ke halaman utama. Lakukan format data dengan cara masuk ke menu Wipe -> Format Data, lalu ketik yes untuk melanjutkan.

Terakhir, klik tombol Reboot System dan tunggu smartphone-nya booting sampai masuk ke halaman setup awal.

Sampai di sini proses instalasi berhasil dilakukan. Selanjutnya lakukan setup awal layaknya saat kamu membeli smartphone baru sampai berhasil masuk ke layar utama.

Tutorial video:

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara install custom rom Pixel Experience 12 di Poco X3 Pro dengan codename vayu atau bhima.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu jika mereka membutuhkan. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.