Macam-Macam Distro Turunan Ubuntu Linux Yang Terkenal

Sejak dirilis pertama kali pada 20 Oktober 2004, ternyata Ubuntu telah menurunkan beberapa varian atau distribusi turunan Ubuntu yang cukup banyak. Bahkan saat ini tidak diketahui berapa jumlah pastinya. Namun yang jelas, distro turunan Ubuntu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni turunan resmi dan turunan tidak resmi.

Yang dimaksud dengan turunan resmi adalah turunan yang dikontrol dan dibiayai secara resmi oleh pihak Canonical. Sedangkan turunan tidak resmi adalah turunan yang tidak dikontrol oleh pihak Canonical atau lebih dikenal dengan turunan pihak ketiga. Pada umumnya turunan tidak resmi ini memiliki tujuan yang berbeda dan biasanya dikembangkan oleh komunitas pengguna di seluruh dunia.

Adapun contoh turunan Ubuntu Linux yang terkenal baik yang resmi maupun yang tidak resmi adalah sebagai berikut

Turunan Resmi

1. Kubuntu

Kubuntu adalah salah satu distro Linux turunan Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai desktop environment-nya. Berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan GNOME dan Unity sebagai deskto environment standar. Kubuntu membutuhkan sumber daya hardware yang lebih banyak dibandingkan Ubuntu.

2. Xubuntu

Xubuntu merupakan turunan resmi dari Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Xubuntu ditujukan untuk komputer yang memiliki kinerja rendah. Berbeda dengan desktop environment GNOME dan Unity, Xfce terasa lebih ringan.

3. Lubuntu

Lubuntu merupakan distro Linux resmi turunan Ubuntu yang menggunakan LXDE sebagai desktop environment-nya dan diklaim paling ringan dibandingkan Unity, GNOME, KDE maupun Xfce. Sehingga Lubuntu cocok dijalankan pada komputer tua.

4. Edubuntu

Edubuntu adalah distro turunan Ubuntu yang dirancang khusus untuk menunjang dunia pendidikan. Edubuntu dilengkapi dengan beragam aplikasi pendidikan dan cocok digunakan oleh para guru maupun siswa sekolah.

5. Ubuntu MATE

Ubuntu MATE merupakan distribusi resmi turunan dari Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop MATE sebagai antarmuka defaultnya.

6. Ubuntu Studio

Ubuntu Studio adalah turunan Ubuntu yang dikhususkan untuk menangani masalah multimedia seperti kreasi audio, video, dan pengeditan grafis. Tersedia beragam aplikasi open source untuk menunjang kegiatan yang berhubungan dengan multimedia.

7. Ubuntu Kylin

Ubuntu Kylin merupakan sebuah distro Linux turunan Ubuntu hasil dari kerja sama antara Canonical dengan Kementrian Perindustrian dan Teknologi Informasi Republik Rakyat Tiongkok. Ubuntu Kylin dirancang untuk komputer meja dan komputer jinjing dengan fitur-fitur yang ditujukan untuk pasar Tiongkok.

8. Ubuntu GNOME

Ubuntu GNOME (dulu Ubuntu GNOME Remix) adalah sebuah distro Linux turunan Ubuntu yang menggunakan desktop GNOME murni dengan GNOME Shell. Pada bulan April 2017, diumumkan bahwa distro ini akan dihentikan sesuai dengan distribusi standar Ubuntu.

Turunan Tidak Resmi

1. Linux Mint

Linux Mint merupakan salah satu distro Linux berbasiskan Ubuntu yang dibuat oleh Clement Lefebrive, dan dikembangkan secara aktif oleh tim dari Linux Mint maupun komunitas. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu juga bisa berjalan di Linux Mint. Linux Mint hadir dengan tampilan yang berbeda walaupun inti dari Linux Mint adalah Ubuntu.

2. Sabily

Sabily yang sebelumnya dikenal dengan Ubuntu Muslim Edition adalah sebuah distro Linux berbasiskan Ubuntu yang diperuntukkan bagi umat muslim. Sabily menyediakan paket-paket aplikasi Islam sehingga cocok digunakan bagi pengguna Ubuntu beragama Islam.

3. Ubuntu Christian Edition

Ubuntu Christian Edition merupakan salah satu distro Linux berbasiskan Ubuntu yang ditujukan untuk umat christiani. Ubuntu Christian Edition dilengkapi dengan beberapa aplikasi religi christian seperti Selapan Kitab, dan lain-lain.

4. BackTrack

BackTrack merupakan distro Linux yang ditujukan untuk kegiatan penetration testing dan security. Distro ini dilengkapi dengan ratusan tools keamanan, sehingga banyak para hacker yang menggunakannya untuk tujuan tertentu. Namun saat ini pengembangan BackTrack sudah tidak dilanjutkan lagi. Sebagai gantinya, muncul sebuah distro Linux yang bernama Kali Linux yang juga memiliki tujuan yang sama, yaitu penetration testing.

Nah itu dia beberapa distro Linux turunan Ubuntu yang terkenal. Tentu masih banyak lagi distro lain yang tidak diketahui jumlah pastinya. Dan dalam beberapa tahun kedepan mungkin banyak distro turunan Ubuntu baru yang bermunculan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *