Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar (Split Screen) di Android

Menggabungkan 2 video menjadi 1 layar (frame) merupakan salah satu teknik editing video yang biasa disebut dengan split screen. Dengan cara ini kamu bisa menggabungkan 2 hingga 4 video dalam satu frame, bahkan lebih.

Loading...

Biasanya para content creator memanfaatkan cara ini untuk membuat video perbandingan, entah itu perbandingan kamera, gameplay, dan sebagainya. Berikut adalah contoh video yang sudah digabungkan menggunakan teknik split screen:

Jika kamu sering mengedit video menggunakan hp android, kamu pasti sudah familiar dengan aplikasi KineMaster, FilmoraGo, VivaVideo dan sebagainya. Namun sayangnya mereka tidak menyediakan fitur split screen tersebut. Bukan berarti tidak bisa, tapi sangat sulit dilakukan karena kamu harus melakukan crop, drag and drop, hingga video benar-benar pas pada posisinya.

Artikel terkait: Aplikasi Edit Video Untuk Android Favorit Youtuber

Tutorial Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di HP Android

Agar lebih mudah membuat video split screen, kita akan menggunakan aplikasi yang bernama Video Collage Maker. Aplikasi ini sudah menyediakan beragam template kolase dalam berbagai macam bentuk dan jumlah video dalam satu frame.

Berikut cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di hp android:

Loading...
  • Buka aplikasinya dan klik menu Video, lalu pilih bentuk template yang kamu inginkan.
Gambar 1
  • Selanjutnya atur aspek rasio video yang kamu inginkan, misalnya 16:9 untuk video Youtube.
Gambar 2
  • Saatnya kita memasukkan video 1 dan video 2 ke dalam template. Caranya klik kotak sebelah kiri lalu klik tombol Video yang ada di bawahnya, kemudian pilih video yang akan kamu masukkan.
Gambar 3
  • Lakukan hal yang sama untuk video 2 (kotak sebelah kanan).
  • Setelah kedua video berhasil dimasukkan, kamu bisa mengatur posisi video agar lebih pas.
  • Terakhir, export video dengan menekan tombol ceklist yang berada di pojok kanan atas. Lalu atur resolusi video sesuai keinginan kamu. Terdapat dua pilihan, yakni 1080p (Full HD) dan 720p (HD).
Gambar 4
  • Tunggu proses export sampai selesai.

Nah, itu dia tutorial singkat tentang cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di hp android yang bisa kamu coba. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!