5 Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi/Dengan Aplikasi

cara mengirim aplikasi lewat bluetooth

Mengirim aplikasi lewat bluetooth merupakan salah satu topik yang cukup seru untuk dibahas. Pasalnya, cara ini dianggap lebih efisien dari segi penggunaan kuota internet ketimbang mengunduh aplikasinya langsung di Google Play Store.

Yup, kalau ada cara yang lebih praktis dan hemat kuota, kenapa harus menghabiskan kuota internet untuk mendapatkan aplikasi yang kita inginkan, bukan? tentu saja aplikasi yang admin maksud di sini adalah aplikasi android yang sudah terinstall di hp si pengirim.

Tetapi sebelum kita masuk ke tutorial cara mengirim aplikasi lewat bluetooth, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu teknologi bluetooth.

Apa itu Bluetooth?

Bluetooth adalah sebuah Jaringan Kawasan Pribadi (Personal Area Networks) tanpa kabel yang mampu menghubungkan dan bertukar informasi antar perangkat seperti PC, laptop, smartphone, headset, printer, dan lain-lain.

Kelemahan dari teknologi Bluetooth adalah jangkauannya yang pendek (hanya 10 meter) dan kemampuan transfer data yang rendah dibandingkan dengan WLAN.

Sebelum teknologi WLAN atau WiFi disematkan pada handphone, bluetooth menjadi media transfer data antar handphone yang sangat populer di masanya, terutama handphone keluaran tahun 2000-an.

Namun penggunaan teknologi bluetooth sebagai media transfer data antar perangkat semakin berkurang semenjak kehadiran teknologi WLAN atau WiFi pada smartphone Android atau iOS yang kita gunakan sekarang ini.

Tetapi bukan berarti sekarang ini teknologi Bluetooth tidak berguna sama sekali ya, Bluetooth tetap dibutuhkan untuk menghubungkan smartphone ke perangkat elektronik lainnya seperti headset wireless, kamera, printer, keyboard, dan lain-lain.

Apakah Bisa Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth?

Jika kamu bertanya “Apakah kita dapat mengirim aplikasi android lewat bluetooth ke hp lain?” jawabannya: Ya, tentu saja bisa. Selain memilliki kemampuan untuk berkomunikasi dan saling bertukar data antar perangkat, bluetooth juga bisa digunakan untuk mengirim aplikasi ke hp lain dengan mudah.

Lihat juga: Cara Transfer File Cepat dari Android ke Komputer dengan WiFi

Cara ini sangat berguna jika ada teman mu yang ingin meminta aplikasi yang terinstall di smartphone kamu tanpa harus mendownloadnya di Google Play Store. Selain praktis, tentu cara ini dapat menghemat penggunaan kuota internet.

Saat ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth, mulai dari tanpa aplikasi, hingga menggunakan aplikasi pihak ke-3. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara tersebut.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Seperti yang admin sampaikan sebelumnya, secara garis besar ada dua metode atau cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi aplikasi lewat bluetooth, yaitu tanpa aplikasi dan dengan aplikasi pihak ke-3.

Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi fitur maupun cara penggunaannya. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena kelima cara yang akan admin jelaskan kali ini dijamin mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun.

1. Tanpa Aplikasi

Metode pertama yang bisa kamu coba adalah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi. Ya, selain dianggap paling mudah dan cepat, kamu juga tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan yang akan menguras kuota internet dan penyimpanan internal smartphone mu.

Tapi, seperti yang sudah admin sampaikan sebelumnya, cara ini tentu saja memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa digunakan pada semua merk smartphone android. Hanya merk smartphone tertentu saja yang menyediakan fitur ini.

Seperti smartphone Xiaomi Poco X3 Pro dengan MIUI 12 yang admin gunakan pada tutorial ini yang sudah menyediakan fitur untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth secara langsung alias tanpa aplikasi tambahan.

Tapi beberapa merk hp lain seperti Samsung, Vivo, Oppo, Realme, dan lain-lain mungkin saja menyediakan fitur ini dan tidak ada salahnya untuk mencoba. Oke, berikut cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi:

Total waktu: 5 menit

Sambungkan Kedua Smartphone dengan Bluetooth (Pairing)

sambungkan kedua smartphone dengan bluetooth

Caranya nyalakan bluetooth di smartphone pengirim dan smartphone penerima dengan masuk ke menu Setelan > Bluetooth. Kemudian di bagian perangkat yang tersedia (hp pengirim) akan muncul nama perangkat bluetooth hp penerima, lalu ketuk nama perangkat untuk menyambungkan.

Kemudian akan muncul sebuah jendela di kedua perangkat berupa kode penyambungan, langsung saja klik tombol Pasangkan di kedua perangkat.

Kirim Aplikasi

mengirim aplikasi

Pada contoh kali ini admin akan mengirim aplikasi WA (WhatsApp) ke hp penerima. Caranya ketuk dan tahan ikon aplikasi yang akan dikirim, lalu ketuk ikon Share seperti gambar di bawah ini.

Pilih Nama Bluetooth Penerima

pilih nama bluetooth penerima

Pada jendela bagikan, kamu akan disuruh untuk memilih opsi berbagi berkas. Berhubung kita akan mengirim aplikasi lewat bluetooth, ketuk ikon Bluetooth seperti gambar di bawah ini, lalu pilih nama perangkat bluetooth (hp penerima).

Terima file APK di smartphone penerima

terima aplikasi

Selanjutnya akan muncul sebuah notifikasi di hp penerima seperti gambar di bawah ini, langsung saja ketuk “Terima” dan tunggu sampai proses pengiriman aplikasinya selesai. Prosesnya memang terasa agak lama mengingat kemampuan bluetooth dalam mentransfer file tergolong lambat.

Install Aplikasi di Smartphone Penerima

install file apk

Setelah proses pengiriman aplikasi selesai, mungkin muncul pertanyaan “Di mana lokasi file APK yang sudah terkirim ke smartphone penerima?” kamu bisa menemukannya di dalam folder Bluetooth.

Kamu tidak perlu panik kalau nama file APK-nya berubah dari WhatsApp menjadi base.apk, langsung saja install aplikasinya seperti biasa.

Nah, itu dia tutorial tentang cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi, sangat mudah dan simple, kan? Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ke-3 untuk berbagi aplikasi melalui bluetooth.

Lihat juga: Cara Kirim File dari Android ke Komputer Menggunakan FTP Server

Tapi jika smartphone android kamu belum mendukung fitur ini, mau tidak mau kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang akan kita bahas selanjutnya.

2. Menggunakan Aplikasi X-plore File Manager

X-plore merupakan aplikasi file manager yang banyak digunakan saat ini, terutama bagi mereka yang sangat antusias dengan sistem operasi android.

Buat kamu yang belum tahu, aplikasi ini lebih dari sekedar file manager. Selain berfungsi untuk mengelola file di memori smartphone, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur canggih, salah satunya yaitu mengirim aplikasi lewat bluetooth ke hp lain.

Menariknya lagi, hp penerima tidak perlu menginstal aplikasi ini untuk menerima aplikasi, cukup diinstall di hp pengirim saja. Oke, langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, sambungkan smartphone pengirim dengan smartphone penerima menggunakan bluetooth (pairing) seperti langkah sebelumnya.
  • Kemudian download aplikasi X-plore di smartphone pengirim melalui link ini.
  • Setelah terinstall, buka aplikasinya dan masuk ke menu Pengelola aplikasi > Terinstall > cari aplikasi yang akan kamu kirim.
cari aplikasi
  • Jika sudah ketemu, ketuk dan tahan pada aplikasi tersebut sampai muncul sebuah jendela pilihan, lalu klik Bagikan. Selanjutnya pilih Bluetooth dan pilih nama perangkat bluetooth (smartphone penerima) untuk mengirim. Setelah itu klik tombol Terima di hp penerima.
kirim aplikasi
  • Terakhir, install file APK yang sudah dikirim ke smartphone penerima.

Nah, itu dia cara kirim aplikasi lewat bluetooth menggunakan aplikasi X-plore. Gimana, gampang banget kan? Kelebihan dari aplikasi X-plore adalah penerima tidak perlu menginstal aplikasi apapun untuk menerima file dari smartphone pengirim.

3. Menggunakan Aplikasi File Manager Plus

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth berikutnya yang bisa kamu gunakan dengan mudah (tanpa harus menginstall aplikasi di smartphone penerima) adalah menggunakan aplikasi File Manager Plus.

Hampir sama dengan aplikasi X-plore yang sudah admin bahas sebelumnya, selain berfungsi untuk mengelola berkas, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur. Salah satunya yaitu berbagi aplikasi dengan hp lain melalui bluetooth, bedanya aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan user-friendly.

Oke, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, lakukan pairing (seperti cara nomor satu di atas).
  • Setelah kedua perangkat tersambung menggunakan jaringan bluetooth, download aplikasi File Manager Plus di hp pengirim, klik link ini.
  • Buka aplikasinya, di halaman beranda klik menu Aplikasi.
  • Cari aplikasi yang ingin kamu kirim, setelah ketemu ketuk dan tahan aplikasinya hingga muncul beberapa opsi di bawahnya.
  • Klik tombol Bagikan dan pilih Bluetooth.
  • Selanjutnya pilih nama bluetooth penerima yang sudah tersambung sebelumnya, klik tombol Terima di smartphone penerima dan tunggu proses pengiriman file APK sampai selesai.
  • Terakhir, install file APK di smartphone penerima.

Secara fungsi dan cara kerjanya kurang lebih sama dengan aplikasi X-plore yang admin bahas di langkah sebelumnya, ukuran aplikasinya juga sama-sama kecil. Bedanya, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang lebih simple dan mudah dipahami.

Aplikasi File Maneger Plus merupakan alternatif terbaik jika kamu kurang familiar dengan antarmuka dual panel dan sistem folder hirarki yang ada pada aplikasi X-plore.

4. Menggunakan Aplikasi Cx File Explorer

Masih menggunakan aplikasi file manager, kali ini yang kita gunakan adalah Cx File Explorer. Mirip dengan kedua aplikasi yang sudah kita bahas di atas, Cx File Explorer juga bukan sekedar pengelola file saja.

Ada beberapa fitur lainnya yang sangat kita butuhkan, salah satunya yaitu mengirim aplikasi lewat bluetooth dengan mudah. Selain itu, smartphone penerima juga tidak perlu menginstal aplikasi ini untuk menerima file APK-nya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Sambungkan hp pengirim dan hp penerima melalui bluetooth (pairing). Caranya bisa kamu lihat pada langkah yang pertama.
  • Download aplikasi Cx File Explorer di hp pengirim, klik link ini.
  • Setelah itu buka aplikasinya, di halaman beranda pilih menu Aplikasi.
  • Cari aplikasi yang akan kamu kirim, lalu centang kotak di samping aplikasinya.
  • Kemudian klik tombol Bagikan, lalu pilih nama perangkat bluetooth penerima.
  • Klik tombol terima di hp penerima dan tunggu proses pengiriman sampai selesai.
  • Terakhir, install file APK-nya di smartphone penerima.

5. Menggunakan Aplikasi Bluetooth Sender

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengirim aplikasi android lewat bluetooth adalah menggunakan Bluetooth Sender. Meskipun fungsi utamanya untuk berbagi file ke hp lain melalui bluetooth, aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur yang sangat berguna.

Salah satunya yaitu APK Extractor yang memungkinkan kamu untuk mengekstak aplikasi yang terinstall menjadi sebuah file APK yang bisa kamu kirim ke hp lain untuk diinstal. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur file manager untuk mengelola file di memori smartphone.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, sambungkan hp pengirim dan hp penerima menggunakan bluetooth (pairing), bisa kamu baca di cara yang pertama.
  • Setelah itu download aplikasi Bluetooth Sender di hp pengirim, klik link ini untuk mendownload.
  • Setelah terinstal, buka aplikasinya.
  • Klik tab Apps dan cari aplikasi yang akan dikirim.
  • Setelah ketemu, centang aplikasinya dan klik tombol Send, kemudian pilih Bluetooth.
  • Pilih nama perangkat bluetooth hp penerima, lalu konfirmasi.
  • Tunggu sampai proses pengiriman selesai.
  • Terakhir, install file APK di hp penerima.

Kelebihan dan Kekurangan Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Terlepas dari kemudahan yang ditawarkannya, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan jika kamu mengirim aplikasi ke smartphone lain menggunakan teknologi bluetooth. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi file transfer melalui jaringan WiFi yang tentunya lebih kencang dibandingkan bluetooth.

Nah, untuk itu di bagian ini admin akan menjelaskan beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan untuk kamu yang akan berbagi file ke hp lain menggunakan bluetooth ini. Selengkapnya silakan simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan mengirim aplikasi lewat bluetooth:

  • Hemat kuota internet. Si penerima tidak perlu mengunduh aplikasi yang diinginkannya di Google Play Store, sehingga dapat meminimalisir penggunaan kuota internet.
  • Tanpa aplikasi. Beberapa merk smartphone sudah menyediakan fitur ini secara bawaan (seperti Xiaomi dengan MIUI 12 yang admin gunakan saat ini).
  • Dapat menghemat ruang penyimpanan si pengirim karena tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.
  • Mudah digunakan. Meskipun membutuhkan aplikasi pihak ke-3, rata-rata aplikasi tersebut sudah user friendly dan cocok untuk semua kalangan tanpa harus meng-ekstrak file APK-nya terlebih dahulu.
  • Tetap bisa berbagi aplikasi meskipun WiFi perangkat sedang bermasalah atau error.

Kekurangan mengirim aplikasi lewat bluetooth:

  • Proses mengirim aplikasi sangat lambat dibandingkan dengan menggunakan WiFi.
  • Tidak bisa mengirim game sekaligus dengan data, obb, dan cache-nya. Jika kamu mengirim game yang memiliki ukuran besar, yang terkirim hanya file APK-nya saja, sehingga temanmu harus mengunduh data game setelah menginstalnya.
  • Memiliki jangkauan pengiriman yang pendek. Selain kecepatan transfer yang rendah, teknologi bluetooth hanya memiliki jangkauan sekitar 10 meter saja.

Lihat juga: 5 Aplikasi Sharing File Cepat Untuk Android dan Komputer (via WiFi)

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi pihak ke-3 yang bisa kamu coba. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan ini silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.

Semoga berhasil dan semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua, terima kasih.