Cara Menjalankan Project Android Studio Langsung di Android Pada Linux

Menjalankan project Android Studio langsung di perangkat android merupakan salah satu alternatif selain menggunakan emulator android (AVD). Selain lebih cepat dalam melakukan proses uji coba aplikasi, keuntungan lainnya adalah komputer akan lebih hemat dalam penggunaan RAM.

Yups, seperti yang kita ketahui Android Studio saat ini membutuhkan spesifikasi komputer yang terbilang cukup tinggi. Minimal RAM yang kita perlukan adalah sebesar 4 GB dan direkomendasikan 8 GB.

Namun berdasarkan pengalaman admin saat menggunakan RAM 4 GB, ternyata tidak sanggup menjalankan Android Studio bersamaan dengan emulatornya. Jadi, mau tidak mau admin harus menggunakan smartphone android untuk bisa melakukan uji coba aplikasi.

Nah, bagi kamu yang menginstall Android Studio di OS Linux namun bingung bagaimana cara menguji coba aplikasi langsung di perangkat smartphone, pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan langkah-langkahnya.

Tutorial Menjalankan Project Android Studio di Android pada OS Linux

Distro Linux yang admin gunakan saat ini adalah Linux Mint 18.3 Cinnamon 64-bit. Cara ini juga bisa kamu gunakan pada distro turunan Debian lainnya seperti Ubuntu, dll. Bagaimana jika saya menggunakan distro non-Debian? Tenang saja, nanti akan admin berikan link tutorialnya.

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya:

  • Pertama sekali pastikan komputer kamu terhubung dengan internet.
  • Buka terminal dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T.
  • Setelah itu install driver adb dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install adb, lalu tekan Enter.
  • Jika muncul pertanyaan “Do you want to continue?” tekan saja tombol Y, lalu Enter.
  • Tunggu sampai proses download dan instalasi package adb selesai.
  • Setelah itu kita beralih ke hp android. Aktifkan Debugging USB pada menu Opsi developer di android kamu. Tutorialnya bisa kamu baca di cara membuka menu Opsi developer dan cara mengaktifkan Debugging USB.

mengaktifkan usb debugging

  • Nah, jika Debugging USB android kamu telah aktif, hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Selanjutnya kita kembali ke terminal, ketikkan perintah adb devices. Maka smartphone akan meminta konfirmasi izin Debugging USB, tekan saja Oke.

konfirmasi izin debugging usb

 

  • Kemudian ketikkan lagi perintah adb devices di terminal. Jika smartphone kamu terdeteksi, maka akan muncul keterangan seperti di bawah ini.

device terdeteksi

  • Sekarang saatnya kita melakukan uji coba project Android Studio langsung di hp android. Silakan dibuka project yang telah kamu buat (project baru juga boleh). Lalu Run project dengan menekan tombol segitiga hijau atau cara lainnya.
  • Setelah itu lakukan konfirmasi izin Debugging USB sekali lagi pada hp android kamu.
  • Kemudian akan muncul jendela Virtual Devices (Emulator) seperti gambar di bawah.

jendela emulator

  • Perhatikan gambar tersebut, pada bagian Connected devices adalah smartphone android yang admin gunakan saat ini, yakni Xiaomi Mi A1 (Android 8.0.0, API 26). Ini artinya perangkat android sudah terdeteksi dengan baik.
  • Terakhir, pilih merk smartphone kamu dan klik tombol Ok untuk menjalankan project langsung di android. Berikut hasilnya:

menjalankan project android studio langsung di android

Nah, itu dia tutorial tentang bagaimana cara menjalankan atau uji coba project Android Studio langsung di perangkat android asli pada OS Linux. Jika ada pertanyaan, langsung saja ditulis pada bagian komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

Oh ya, jika kamu menggunakan distro non-Debian, silakan baca cara menginstall adb driver di Linux melalui link ini.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *