HP Android Cepat Panas? Inilah Penyebab dan Solusinya

HP android cepat panas merupakan suatu hal yang mungkin pernah dialami oleh para pengguna smartphone. Jika kamu termasuk salah satunya, pasti timbul pertanyaan di benak mu kenapa ponsel tersebut cepat panas. Hal penting yang harus diketahui semua orang adalah smartphone android bisa panas merupakan hal yang wajar terjadi.

Walaupun kasus tersebut lebih sering terjadi pada hp murah, namun kenyataannya hal itu bukan berarti disebabkan oleh kualitas hp yang kurang bagus. Melainkan disebabkan oleh aktifitas atau proses yang dilakukan oleh smartphone itu sendiri. Bahkan hp canggih sekelas Samsung Galaxy S7 pun bisa mengalami hal serupa apabila terlalu banyak aktifitas yang dikerjakan. Maka dari itu tak jarang para pengguna smartphone android mengeluhkan hal semacam ini. Lantas apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi lagi? Lebih jelasnya bisa kamu baca pada penjelasan di bawah ini.

Kenapa HP Android Cepat Panas?

Panas yang terjadi pada ponsel android merupakan hal yang wajar dan sesuatu yang hampir terjadi pada setiap smartphone lainnya seperti Android, iOS, maupun Windows Phone. Sumber utama dari panas ini berasal dari baterai hp, biasanya baterai mengeluarkan panas berlebih disebabkan oleh aktifitas yang dilakukan secara terus-menerus, sehingga konsumsi daya yang dikeluarkan lebih besar dari biasanya. Contohnya ketika kita bermain game, menonton video berdurasi lama, dan kegiatan lainnya yang membutuhkan energi yang cukup besar.

Selain berasal dari baterai, hp android cepat panas juga disebabkan oleh perangkat keras (hardware) seperti Prosesor, RAM, atau hardware lainnya yang melakukan proses di luar kemampuannya. Itulah yang menyebabkan smartphone dengan spesifikasi rendah cenderung lebih mudah panas pada saat menjalankan proses yang berat secara terus-menerus. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini agar tidak terjadi lagi bahkan pada smartphone low-end sekalipun? Untuk solusi lengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Dengan Mudah

 

1. Tutup Aplikasi Yang Menguras Baterai

Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, salah satu penyebab smartphone cepat panas adalah konsumsi daya yang tinggi yang disebabkan oleh banyaknya proses yang dijalankan. Hal ini tentu akan memaksa perangkat keras (hardware) untuk bekerja lebih cepat sehingga menguras energi dalam jumlah yang cukup besar. Sampai akhirnya baterai ponsel akan mengeluarkan panas.

2. Matikan Koneksi Ketika Tidak Digunakan

Hal yang paling umum terjadi pada para pengguna smartphone android adalah membiarkan koneksi WiFi, Bluetooth, GPS menyala secara terus-menerus. Koneksi yang menyala tentu membutuhkan daya untuk bisa mencari dan menerima sinyal. Sehingga tanpa kita sadari energi baterai akan terkuras dengan cepat sehingga mengakibatkan panas berlebih dari baterai. Cukup menyalakan WiFi ketika berada di area dengan jangkauan WiFi saja, begitu juga dengan koneksi Bluetooth dan GPS, setelah selesai digunakan jangan lupa untuk segera mematikannya.

3. Jangan Bermain Game Terlalu Lama

Di antara kamu pasti pernah merasakan ketika bermain game terlalu lama maka akan menyebabkan hp cepat panas. Hal ini memang wajar terjadi, mengingat game mobile yang ada saat ini tergolong cukup berat, tentu akan mendorong kinerja prosesor, RAM, kartu grafis, dan lainnya agar bekerja lebih cepat lagi dari biasanya. Maka panas yang dihasilkan bukan hanya dari baterai saja, tetapi juga dari hardware yang melakukan pekerjaan berat untuk menjalankan game tersebut.

4. Jangan Gunakan HP Ketika Sedang Di-charge

Selanjutnya, hal yang sering diabaikan oleh pengguna ponsel adalah bahaya menggunakan hp pada saat sedang melakukan isi ulang baterai. Hal ini bisa menyebabkan baterai mengeluarkan panas yang lebih cepat, kenapa? Karena pada saat kita menggunakan smartphone ketika sedang di-charge, ada dua proses yang dilakukan oleh baterai secara bersamaan, yakni mengisi daya dan mengeluarkan daya.

Tentu saja hal ini menimbulkan dampak yang sangat berbahaya, baik bagi baterai maupun bagi diri kita sendiri. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka baterai akan cepat rusak atau membengkak, bahkan bisa meledak jika panas yang dihasilkan terlalu tinggi. Kasus ini sudah sering terjadi di berbagai negara di dunia, bahkan sering kita lihat di media sosial.

Baca: Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Sedang Men-charge HP

 

5. Periksa Aplikasi Yang Berjalan di Background

Tanpa kita sadari, banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) sehingga menyebabkan hp cepat panas. Biasanya aplikasi yang berjalan di latar belakang ini kebanyakan merupakan aplikasi utilitas seperti Clean Master, Anti Virus, dan aplikasi Messenger seperti BBM, WhatsApp, dan lain-lain.

Yang harus kamu lakukan adalah mematikan proses dari aplikasi utilitas tersebut ketika tidak digunakan dan membiarkan aplikasi messenger agar tetap berjalan. Hal ini bisa mengurangi pekerjaan prosesor dan ram sehingga hp tidak cepat panas.

6. Istirahatkan Ponsel

Ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengatasi panas berlebih pada ponsel. Ketika kita sedang melakukan aktifitas yang membuat smartphone panas, maka sesekali kita perlu mengistirahatkan ponsel tersebut dengan cara membuka casing belakang dan melepaskan baterai sehingga hawa panas bisa keluar. Setelah dingin baru lah dirakit kembali hp mu dan silakan dinyalakan kembali.

7. Mengganti Baterai Dengan Yang Baru

Jika hp kamu sering mengalami panas berlebih, daya tahan baterai sering turun drastis, mati mendadak, dan kejadian tak terduga lainnya, bisa jadi penyebab utamanya adalah rusaknya baterai ponsel kamu. Maka jalan terakhir yang harus kamu tempuh adalah mengganti baterai dengan yang baru. Perhatikan juga dengan teliti bahwa baterai yang kamu beli benar-benar berkualitas atau setara dengan yang aslinya. Jangan membeli baterai yang murah tapi hanya mampu bertahan beberapa hari saja.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi hp android cepat panas yang perlu kamu ketahui. Jika semua cara di atas sudah kamu coba, namun masih tetap mengeluarkan panas berlebih, alangkah baiknya smartphone tersebut dibawa ke service center agar bisa ditangani oleh ahlinya sehingga penyebab utamanya bisa diketahui dengan jelas.

Artikel terkait: 7 Tips Ampuh Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *