Inilah Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS Pada Drive Komputer

Pernahkah kamu pada saat akan memformat suatu drive baik itu flashdisk atau hardisk pada komputer dan disuguhkan dengan pilihan FAT32, exFAT maupun NTFS? Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa sih maksud dari ke-3 jenis file sistem tersebut, karena pada jendela format drive tidak ada penjelasan mengenai sistem tersebut.

Dengan fungsi utamanya sebagai media penyimpanan file, ternyata dari ke-3 jenis sistem tersebut memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengobati rasa penasaran kamu mengenai jenis-jenis file sistem yang ada pada penyimpanan tersebut, pada artikel ini akan dibahas satu per satu tentang perbedaan antara FAT32, exFAT, serta NTFS pada drive.

1. Pengertian dan Fungsi FAT32

FAT32 adalah file sistem yang paling tua dari exFAT dan NTFS, diperkenalkan pertama kali pada Windows 95 sebagai pengganti file sistem sebelumnya yaitu FAT16. File sistem ini memiliki batasan untuk penyimpanannya. Pada FAT32 kita tidak bisa menyimpan file tunggal yang ukurannya melebihi 4GB. Selain itu, partisi FAT32 juga harus kurang dari 8TB.

Pada umumnya, flash drive yang kita miliki saat ini kebanyakan menggunakan format FAT32 untuk kompabilitas maksimum. Tidak hanya digunakan di komputer saja, tetapi juga bisa di perangkat lain seperti konsol game dan perangkat lainnya yang mendukung port USB.

File sistem FAT32 masih bisa digunakan untuk USB Flash Drive atau sebagai media eksternal lainnya, namun tidak bisa digunakan sebagai media internal seperti memasang sistem operasi seperti versi windows yang saat ini, ini dikarenakan FAT32 tidak mmiliki hak akses dan fitur keamanan seperti yang dimiliki oleh file sistem NTFS.

2. Pengertian dan Fungsi exFAT

exFAT adalah file sistem yang lebih optimal dari FAT32 dengan batasan ukuran partisi yang sangat besar yang diperkenalkan pada tahun 2006. exFAT dirancang untuk sistem file yang ringan seperti FAT32, hanya saja kita bisa menyimpan file tunggal yang lebih besar dari 4GB pada flash drive atau kartu SD yang diformat ke exFAT.

exFAT adalah ugrade ketat atas FAT32 dan menjadi pilihan terbaik jika kamu ingin file sistem yang ringan tanpa ada batas ukuran file seperti FAT32.

3. Pengertian dan Fungsi NTFS

NTFS adalah file sistem yang paling disukai Windows dan pertama kali muncul pada Windows xp. Jika kita ingin menginstal sistem operasi, maka format drive yang digunakan harus NTFS. Karena NTFS memiliki batasan ukuran file dan partisi yang sangat besar. Selain itu, NTFS mendukung hak akses file untuk keamanan, jurnal perubahan yang bisa membantu dengan cepat memulihkan kesalahan ketika komputer crash, enkripsi, hardlink, batas kuota disk, salinan bayangan untuk backup, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

NTFS memiliki peran yang sangat penting sebagai penggerak sistem operasi, terutama dalah hal perizinan. Jadi, jika kamu ingin menginstal program pada drive sekunder, file sistem yang harus kamu gunakan pada drive tersebut adalah NTFS.

Namun, NTFS hanya bisa bekerja pada semua versi terbaru windows, dan juga pada beberapa jenis distro linux yang mendukung format NTFS. Pada Mac OS hanya bisa membaca isi dari drive yang berformat NTFS, tetapi tidak bisa menulis file. Begitu juga dengan konsol game playstation milik sony, tak satupun yang kompatible dengan file sistem ini. Bahkan konsol game milik microsoft sendiri seperti Xbox One juga tidak kompatible.

Kesimpulan :

FAT32 cocok digunakan untuk penyimpanan file tunggal yang ukurannya di bawah 4GB dan file sistem ini juga terbilang lebih ringan. Tetapi, jika kamu ingin menyimpan file tunggal berukuran di atas 4GB disarankan untuk memformat drive ke exFAT karena kamu lebih leluasa menyimpan file yang ukurannya lebih dari 4GB. Sementara untuk NTFS lebih cocok digunakan sebagai drive internal seperti untuk menginstall sisitem operasi windows atau program yang berjalan pada windows. Karena NTFS memiliki banyak fitur dan memiliki batas ukuran partisi yang sangat besar.

Artikel terkait:

Bagikan:

2 Comments on “Inilah Perbedaan Antara FAT32, exFAT, dan NTFS Pada Drive Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *