Langit Musik, Aplikasi Streaming Musik Legal Nomor #1 di Indonesia

Hai, apa kabar para pembaca semuanya? semoga sehat selalu ya. Bertemu lagi dengan saya admin blog Konyoha yang selalu memberikan tips seputar smartphone Android, rekomendasi dan review aplikasi terbaik untuk kalian para pengguna Android.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman yang menurut saya tidak hanya bermanfaat untuk diri saya sendiri, namun juga untuk semua orang, terutama bagi kamu para pencinta musik.

Yaps, semuanya pasti sudah tahu ya, musik merupakan sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai orang tua semuanya membutuhkan musik. Kapanpun, di manapun, bahkan di saat sedih maupun senang, sehingga dapat dikatakan ‘tiada hari tanpa musik’.

Berkat teknologi internet yang sudah berkembang pesat seperti saat ini, tidak susah bagi kita untuk mendapatkan musik favorit. Bahkan banyak dari kita yang mendownload musik secara ilegal, jelas hal ini melanggar hak cipta dari si pemilik lagu.

Cara Baru Streaming dan Download Musik Secara Legal

Jujur, saya merasa sangat prihatin melihat maraknya penggunaan konten musik secara ilegal. Terlebih lagi saat ini ada ratusan bahkan ribuan situs yang menawarkan download musik secara gratis. Jelas hal ini sangat merugikan si pemilik lagu atau pemegang hak cipta. Belum lagi ancaman virus atau malware yang siap menyerang perangkat pengguna jika salah download.

Selain itu jika kita sembarangan memilih aplikasi streaming musik di Android, bisa-bisa smartphone kita menjadi lemot, memori penuh, bahkan boros kuota. Jadi, berhati-hatilah saat memilih aplikasi streaming musik.

Maka dari itu, pada postingan ini saya akan mengajak kamu semua untuk menikmati cara baru streaming dan download musik secara legal bersama Aplikasi Langit Musik. Penasaran kan, apa itu Langit Musik dan apa saja kelebihan yang ditawarkannya? berikut ulasan lengkap tentang review aplikasi Langit Musik.

Apa itu Langit Musik?

review aplikasi langit musik

Langit Musik adalah layanan musik Telkomsel yang bekerja sama dengan PT.MelOn Indonesia yang menawarkan cara baru download dan streaming lagu secara legal dan tanpa batas melalui perangkat PC dan Smartphone (dikutip dari laman langitmusik.co.id).

Melalui layanan Langit Musik, kita bisa bebas menikmati streaming dan mendownload seluruh lagu di katalog LangitMusik dengan koleksi lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional. Yang menarik lagi, pelanggan yang menggunakan kartu Telkomsel tidak dikenakan biaya paket data selama melakukan streaming musik.

Mengapa Memilih Langit Musik?

Sebelum kita memilih sebuah layanan, tentu yang harus kita perhatikan terlebih dahulu adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, serta apa saja kelebihannya. Setelah beberapa hari saya mencoba aplikasi Langit Musik, saya merasa sangat puas karena semua yang saya butuhkan ada di sini. Penasaran apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Langit Musik? berikut ulasannya.

1. Tersedia Lebih dari 6 Juta Lagu Lokal dan Internasional

review aplikasi langit musik

Nikmati streaming dan download musik tanpa batas dengan koleksi lebih dari 6.000.000 lagu dari deretan artis top lokal maupun internasional. Mulai dari lagu pop, dangdut, rock, lawas, jazz dan masih banyak lagi. Dan yang terpenting, seluruh lagu yang ada di katalog LangitMusik semuanya resmi dan terjamin legalitasnya. Jadi, kamu tak perlu takut dosa lagi karena lagu bajakan.

2. Selalu Tau Lagu-lagu Terbaru dan yang Lagi Hits

review aplikasi langit musik

Jangan sampai ketinggalan dengan update lagu terbaru dari artis favorit kamu. Karena di langit musik kamu akan menemukan lagu-lagu terbaru. Mulai dari lagu lokal maupun internasional, bahkan kamu akan mendapatkan notifikasi dari setiap artis yang kamu follow jika ada lagu dan album baru yang dirilis.

Selain update lagu terbaru, kamu juga akan menemukan lagu-lagu top hits Indonesia atau yang lagi trending saat ini. Bahkan kamu bisa melihat top hits dari tiap-tiap provinsi di seluruh Indonesia juga lho.

3. Suara Jernih dan Berkualitas Tinggi

Saat mendengarkan musik, tentu saja yang kita utamakan adalah kualitas suara yang dihasilkan. Percuma saja jika lagunya bagus tapi kualitas suaranya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun berbeda dengan langit musik, saat pertama kali saya memainkan sebuah lagu, saya langsung terpesona akan keindahan suaranya, benar-benar jernih.

4. Mendengarkan Musik Secara Offline

review aplikasi langit musik

Gak perlu khawatir jika kuota internet kamu sudah menipis, karena kamu tetap bisa menikmati alunan musik kapanpun dan di manapun. Dengan adanya fitur streaming offline, kamu dapat menyimpan lagu berapapun yang kamu mau. Fitur ini juga sangat berguna bila kamu sedang berada pada daerah yang minim sinyal. Untuk bisa menikmati fitur ini kamu harus berlangganan dulu.

5. Desain Indah dan Modern

review aplikasi langit musik

Tak bisa dipungkiri bahwa penampilan merupakan sesuatu yang paling penting bagi setiap orang. Begitu juga dengan aplikasi, tampilan antarmuka pengguna (user interface) memiliki nilai tambah dan daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

Kini Langit Musik hadir dengan tampilan baru yang lebih modern serta menu navigasi yang simple dan mudah. Tema yang didominasi oleh warna ungu kehitaman, membuat mata terasa nyaman meski dilihat di malam hari. Dan yang paling membuat saya terkesan adalah tampilan musik player yang keren, dilengkapi dengan piringan dan lirik lagu.

6. Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota

Kata streaming mungkin sesuatu yang terdengar menakutkan bagi sebagian orang, terutama mereka yang internetan menggunakan kuota. Bagaimanapun juga, yang namanya streaming musik pasti membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit.

Berbeda dengan aplikasi Langit Musik, dimana pengguna bisa “Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota”. Artinya, kamu bebas streaming ria tanpa dikenakan tarif data internet, alias gratis (kecuali layanan video musik). Dengan syarat kamu harus menggunakan kartu Telkomsel.

7. Musiknya Hidup Kamu

Jika kamu termasuk seorang pencinta musik, maka bisa dibilang Langit Musik adalah “Musiknya Hidup Kamu” yang selalu menemanimu di setiap saat. Baik itu ketika sedang liburan, bekerja, belajar, santai, bahkan saat-saat sebelum kamu tertidur pulas.

8. Aplikasi Buatan Anak Bangsa

Saat menggunakan aplikasi ini, awalnya saya mengira bahwa Langit Musik berasal dari negara luar. Namun siapa sangka ternyata aplikasi yang memiliki tampilan keren ini berasal dari Indonesia.

Langit Musik dikembangkan oleh PT.MelOn Indonesia yang merupakan salah satu dari anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang musik. Salah satu tujuan mulia dari PT.MelOn Indonesia ini adalah untuk mengkampanyekan gerakan anti musik bajakan dan mendukung karya musik Indonesia maupun luar negeri.

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita sangat bangga dengan adanya aplikasi ini. Semoga saja dengan kehadiran aplikasi Langit Musik ini kedepannya penggunaan musik ilegal di Indonesia bisa diminimalisir ya.

Penjelasan Lengkap Fitur dan Menu di Aplikasi Langit Musik

Beberapa ulasan yang telah saya jelaskan di atas merupakan sebagian kecil dari fitur keren yang dimiliki oleh aplikasi Langit Musik. Biar gak penasaran lagi, langsung saja disimak yuk, apa saja fitur keren dan menu yang ada di dalam aplikasi Langit Musik.

1. Pemutar Musik

review aplikasi langit musik

Ini adalah tampilan antarmuka pengguna ketika sedang melakukan streaming musik. Di sana terlihat sebuah pemutar musik yang sangat keren. Terdapat beberapa tombol pengontrol musik, piringan, dan lirik lagu untuk memudahkan kita dalam menghapal lagu.

Dari sini kita juga bisa melihat informasi tentang judul lagu, nama artis, dan sebagainya. Selain itu jika pengguna ingin melompat ke menit tertentu, pengguna cukup melakukannya dengan cara memutar piringan, keren banget kan?

2. Explore / Jelajah

Di halaman explore ini terdapat dua buah tab, yaitu tab Music dan tab Video. Berikut penjelasan lengkapnya:

Music

review aplikasi langit musik

Di sini pengguna bisa menjelajahi berbagai menu, mulai dari Daftar Putar Publik, Musik Terbaru, Lagu Teratas, Artis Teratas, Suasana, Aliran, TagStation, dan Musik Teratas di Sekitar Saya.

  • Daftar Putar Publik: Berisi rekomendasi daftar putar (playlist) dengan berbagai genre yang dibuat oleh pelanggan dan LangitMusik. Daftar Putar tersebut bisa kita follow sesuai dengan minat pengguna untuk menerima update lagu terbaru.
  • Lagu Terbaru: Berisi daftar lagu-lagu terbaru, mulai dari Indonesia maupun Internasional.
  • Lagu Teratas: Berisi top 10 lagu yang sedang hits dan paling banyak diputar oleh pengguna Langit Musik di Indonesia.
  • Suasana: Pengguna bisa memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati. Misalnya bagi kamu yang sedang dimabuk asmara, kamu bisa memilih suasana Falling in Love.
  • Aliran: Pengguna bisa memilih lagu berdasarkan aliran musik yang disukai. Misalnya Rock, Party, Global, dll.
Video

review aplikasi langit musik

Bukan hanya streaming musik, kamu juga bisa menikmati streaming video yang terdiri dari LM Record, LM Corner, dan LM Clip.

  • LM Record: Berisi kumpulan video remakan musik dari berbagai acara atau event.
  • LM Corner: Berisi kumpulan video menarik yang pastinya bisa menghibur kamu di kala bosan.
  • LM Clip: Berisi kumpulan video klip resmi dari berbagai artis ternama.

3. TagStation

review aplikasi langit musik

Di menu #TAGSTATION kamu akan menemukan rekomendasi playlist dengan berbagai pilihan warna musik yang sesuai dengan minat kamu. Beberapa di antaranya: #musisiindonesia, #ostmovie, #semangatpagi, #rock, #weekend, #sleep dan lain-lain.

Sebagai contoh ketika saya ingin tidur di malam hari, saya memilih tagstation #sleep yang berisi lagu yang pas untuk menemani tidur saya.

4. Trending

review aplikasi langit musik

Di menu ini kita bisa mengetahui musik-musik yang sedang hits di Indonesia. Bahkan kita bisa menelusuri setiap provinsi, lagu apa saja yang paling banyak dimainkan oleh pengguna Langit Musik di tiap-tiap daerah.

Menurut saya ini adalah fitur yang sangat keren, pengguna tidak akan ketinggalan lagi informasi tentang lagu-lagu yang sedang trending saat ini. Ditambah lagi dengan adanya fitur peta Indonesia, pengguna cukup memilih setiap provinsi hanya dengan sekali sentuhan

5. Lagu Saya

review aplikasi langit musik

Ini adalah menu yang berisi lagu-lagu yang sering dimainkan oleh pengguna. Selain judul lagu, terdapat pula daftar album dari berbagai artis, serta semua playlist yang dibuat pengguna maupun yang diikuti oleh pengguna.

6. Pemberitahuan

review aplikasi langit musik

Menu ini berisi pemberitahuan berbagai update lagu terbaru dari artis dan aktifitas teman yang kita follow. Tidak hanya itu, pengguna juga akan menemukan berbagai promosi menarik seperti playlist baru dan program berhadiah yang sering diadakan oleh LangitMusik.

7. Pengaturan

review aplikasi langit musik

Menu ini berisi semua pengaturan aplikasi Langit Musik seperti akun, notifikasi, bahasa, privasi, equalizer, kelola penyimpanan dan detail aplikasi.

  • Akun: di sini kita dapat mengubah semua yang terkait dengan profil. Seperti nama, status, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor telepon, password, bahkan kita juga bisa menautkan akun Langit Musik dengan akun sosial media seperti Facebook dan Twitter.
  • Pemberitahuan: untuk mengatur apakah ingin mengaktifkan notifikasi atau tidak.
  • Bahasa: untuk mengatur bahasa yang diinginkan pada aplikasi (bahasa Indonesia dan bahasa inggris)
  • Privasi: pengguna bisa mengatur privasi dalam menggunakan aplikasi.
  • Equalizer: pengguna bisa melakukan settingan suara saat streaming musik di aplikasi.
  • Kelola Penyimpanan: untuk mengelola penyimpanan atau kapasitas data yang digunakan di aplikasi.
  • Tentang: informasi yang berisi tentang detail aplikasi seperti versi aplikasi saat ini, syarat dan ketentuan dan kebijakan pribadi.

8. Website Langit Musik

review aplikasi langit musik

Sebagian orang mungkin lebih suka mendengarkan musik online di perangkat PC ketimbang smartphone. Terlebih lagi saat sedang bekerja di depan komputer. Cukup dengan mengunjungi website resmi langit musik di https://www.langitmusik.co.id, login menggunakan akun LangitMusik kamu dan “Enjoy it”.

Tampilan dan desain website Langit Musik sendiri juga tak kalah kerennya. Terdapat beberapa menu navigasi yang memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari. Selain itu pengguna juga bisa membaca berita terhangat seputar dunia musik. So, kurang apa lagi coba, Langit Musik benar-benar “Musiknya Hidup Kamu”.

Biaya Langganan Langit Musik

Setelah mengetahui fitur keren yang ditawarkan oleh Langit Musik, pastinya kamu bertanya-tanya “Berapa sih biaya berlangganan layanan Langit Musik?“. Jangan khawatir, gak mahal kok. Kamu cukup membayar sejumlah Rp 6.600 per minggu atau Rp 22.000 per bulan. Berikut tabel perbandingan fitur untuk pelanggan Freemium dan Premium:

 

Kesimpulan dan Masukan

Dilihat dari beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Langit Musik seperti yang telah saya jelaskan di atas, saya menyimpulkan bahwa aplikasi Langit Musik benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya. Dan tidak berlebihan jika saya membuat judul artikel ini sebagai “Aplikasi Streaming Musik Legal Nomor #1 di Indonesia”.

Dari segi desain tampilan antarmuka pengguna (user interface) sudah keren banget, ditambah lagi dengan pengalaman pengguna (user experience) yang mudah dan tidak membingungkan. Selain itu yang paling menarik bagi saya pribadi, aplikasi ini tidak dikenakan tarif data internet selama melakukan streaming musik (kecuali video), dengan syarat kita harus menggunakan kartu Telkomsel.

Di sisi lain saya juga ingin menyampaikan kritik, masukan atau saran kepada pihak pengembang aplikasi Langit Musik. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Kalau bisa, tambahkan menu untuk memilih daftar lagu menurut Genre atau kategori masing-masing. Karena selama menggunakan aplikasi ini saya kesulitan untuk mencari lagu berdasarkan kategori tertentu.
  • Tambahkan fitur pencarian untuk video clip yang kita inginkan. Jadi, tidak sebatas untuk mencari judul lagu, album, daftar putar, maupun nama artis saja.
  • Tambahkan juga menu Top Hits Internasional sehingga pengguna bisa tahu lagu apa saja yang lagi hits di dunia. Jadi tidak terbatas pada top hits indoenesia atau provinsi saja.
  • Akan lebih keren lagi jika ada pilihan tema atau skin yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Mungkin itu saja masukan dari saya dan semoga kedepannya Langit Musik tidak hanya menjadi aplikasi streaming musik terkemuka di Indonesia saja, tetapi di dunia.

Bagaimana guys, hari gini masih mendownload musik bajakan? Ayo download aplikasi Langit Musik dan rasakan serunya hidupmu ditemani dengan alunan musik berkualitas dan legal. Kamu bisa mendownloadnya lewat link download di bawah ini:

Jika artikel ini menurut kamu bermanfaat, jangan lupa juga di-share ke akun sosial media kamu lewat tombol share di bawah ini ya. Agar teman-temanmu ikut merasakan serunya “Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota”.

Bagikan:

5 Comments on “Langit Musik, Aplikasi Streaming Musik Legal Nomor #1 di Indonesia”

  1. Wah, ane baru tau kalo ada aplikasi streaming musik yang bebas kuota internet nih gan
    Makasih infonya ya, ane coba dulu 😀

  2. Mas, gimana caranya langganan aplikasi ini? Udah saya coba berkali2 tetap ga bisa. Katanya pulsa saya tidak cukup untuk berlangganan layanan langit musik mingguan, padahal pulsanya 10 ribu

    1. hp nya dual SIM ya mbak?
      Kalo iya, coba pindahkan kartu SIM yang ada pulsanya itu ke slot SIM 1, setelah itu coba lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *