Review Infinite Flight, Simulator Pesawat Terbaik di Android dan iOS

Halo, pada kesempatan kali ini Konyoha akan me-review salah satu game simulator pesawat terpopuler di Android dan iOS, yaitu Infinite Flight.

Simulator pesawat terbang merupakan salah satu genre game yang sangat menarik untuk dimainkan, terutama bagi pecinta dunia aviasi. Di game ini kamu akan merasakan bagaimana menjadi seorang pilot dan menerbangkan pesawat sesuai dengan prosedur penerbangan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak bermunculan game simulator pesawat terbang di Android dan iOS yang tak kalah seru dari flight simulator versi PC. Salah satu yang terbaik menurut admin adalah Infinite Flight. Apa saja keunggulan dari simulator pesawat terbang yang satu ini? berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Infinite Flight

Infinite Flight adalah simulator penerbangan untuk Android dan iOS yang dikembangkan oleh Infinite Flight LLC dan dirilis pada tanggal 7 Juli 2013 di Google Play Store. Game ini hadir dalam tiga mode permainan, yakni mode solo, online multiplayer, dan pengontrol lalu lintas udara (ATC).

Sesuai dengan namanya, Infinite Flight mengajak kamu untuk terbang tak terbatas menjelajahi seluruh dunia lewat global scenery, serta pengalaman menerbangkan pesawat dengan efek visual yang sangat realistis.

Dari awal kemunculannya sampai saat ini, Infinite Flight terus melakukan pengembangan baik dari segi grafis maupun penambahan fitur-fitur baru.

Global Scenery dan Bandara

Soekarno-Hatta International Airport
Soekarno-Hatta International Airport

Infinite Flight memungkinkan pemain untuk terbang ke seluruh belahan dunia dengan lebih dari 25.000 bandara, termasuk semua bandara yang ada di Indonesia. Scenery tersebut dibuat menggunakan citra satelit beresolusi tinggi yang disusun oleh 15 meter/pixel, sehingga terlihat begitu nyata.

Selain scenery beresolusi HD, Infinite Flight juga mendesain bandara dengan layout runway dan taxiway yang tepat, sehingga sangat mirip dengan aslinya. Sayangnya tidak satupun bandara yang dibuat dengan bangunan 3D.

Online Multiplayer dan Human ATC

online multiplayer

Salah satu yang menarik dari Infinite Flight adalah selain terbang dengan mode solo, kita juga bisa bermain secara online multiplayer dan bertemu dengan ribuan pilot lainnya di seluruh dunia.

Saat ini tersedia tiga server yang dapat dipilih, yaitu Casual, Training dan Expert. Setiap server memiliki tingkat pengalaman yang berbeda, jika kamu seorang pemula, kamu harus belajar terbang di server Casual dan mengumpulkan Exp untuk membuka server berikutnya.

Selain itu yang unik dari Infinite Flight adalah mode Human ATC yang memungkinkan pemain untuk mengontrol lalu lintas udara dalam mode multiplayer. Ini merupakan salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh simulator pesawat lain.

Pesawat Terbang

Cessna 172 cockpit

Infinite Flight menyediakan puluhan jenis pesawat terbang mulai dari pesawat komersial, militer, hingga penerbangan umum. Yang menarik, semua pesawat didesain sangat mirip dengan aslinya. Mulai dari tekstur pesawat, kokpit, wing flex, hingga suara mesin yang sangat realistis.

Selain itu, mereka juga menyediakan livery pesawat yang sangat lengkap. Tersedia hampir semua livery dari maskapai di seluruh dunia, termasuk beberapa maskapai di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Sriwijaya Air.

Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini Infinite Flight terus melakukan pembaruan seperti rework pesawat, penambahan pesawat baru dan livery baru.

Camera View dan Replay

wing view

Salah satu fitur yang sangat admin sukai dari Infinite Flight adalah camera view yang beragam. Di sini kamu bisa memilih tampilan kamera dari berbagai sudut pandang, baik internal maupun eksternal.

Selain itu yang tak kalah penting adalah fitur replay yang sangat canggih. Kamu bisa memutar ulang dari awal hingga akhir penerbangan, sehingga kamu bisa menyaksikan setiap momen penting yang terjadi selama bermain. Ini merupakan fitur yang tidak dimiliki oleh simulator pesawat lainnya.

Kekurangan Infinite Flight

Setelah mencoba memainkan Infinite Flight beberapa waktu lalu, admin sangat puas dengan fitur yang ditawarkannya. Namun secara pribadi admin merasa masih ada kekurangan yang perlu ditambahkan.

  • Tidak ada awan, keberadaan awan sangat penting untuk memvisualisasikan cuaca agar pengalaman terbang terasa lebih nyata.
  • Tidak ada bangunan 3D, sampai saat ini belum ada bangunan 3D seperti gedung-gedung di perkotaan maupun bandara.
  • Tidak ada tire smoke, akan lebih realistis jika Infinite Flight menambahkan asap saat ban pesawat menyentuh landasan saat mendarat.

Nah, itu dia review singkat tentang game simulator penerbangan Infinite Flight yang bisa kamu mainkan di perangkat Android dan iOS.

Oh ya, sekedar informasi kamu harus berlangganan versi pro untuk bisa menikmati global scenery, online multiplayer, dan semua pesawat yang ada di dalamnya. Saat tulisan ini dibuat, biaya langganannya sekitar Rp. 129.000 perbulan.