Review X-Plane Flight Simulator di Android dan iOS, Simulator Pesawat Terbaik?

Pada artikel kali ini admin akan sedikit mer-review sebuah game simulator pesawat terbang yang sangat populer, yakni X-Plane Flight Simulator versi mobile.

Loading...

Jika kamu salah satu penggemar game simulator pesawat terbang pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Yup, game yang diadaptasi dari X-Plane 10 versi PC ini merupakan salah satu simulator pesawat terbaik dengan fitur yang sangat lengkap.

Sekilas Tentang X-Plane Flight Simulator

X-Plane Flight Simulator atau biasa dikenal dengan X-Plane Mobile Global (dulu X-Plane 10) adalah game simulator pesawat terbang untuk perangkat Android, iPhone, dan iPad yang diadaptasi dari X-Plane 10 versi PC.

X-Plane Mobile dikembangkan oleh Laminar Research dan dirilis pada tanggal 29 September 2015 di Play Store. Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini X-Plane menambahkan beberapa fitur baru, yakni hadirnya global scenery pada 2019 lalu dan massive multiplayer di 2020 ini.

Nah, kamu penasaran apa saja fitur dan kelebihan X-Plane mobile sehingga layak disebut simulator pesawat terbaik di Android dan iOS? berikut ulasan lengkapnya.

Global Scenery

Global Scenery
Source: x-plane.com/mobile/

Pada 2019 lalu X-Plane melakukan update dengan menghadirkan global scenery di mana pemain bisa terbang ke seluruh penjuru dunia. Ini merupakan perubahan yang besar dan sangat ditunggu-tunggu oleh penggemarnya.

Sebelumnya X-Plane hanya menyediakan scenery yang terbatas untuk wilayah tertentu saja, yakni Oahu (Hawaii), Grand Canyon, Seattle/Tacoma (Washington), Juneau(Alaska) dan Innsbruck(Austria).

Dengan hadirnya global scenery ini kamu dapat menjelajahi lebih dari 37.000 bandara di seluruh dunia (termasuk bandara di Indonesia), dan lebih dari 11.500 bandara dengan bangunan 3D, hangar, 3D Terminal dan lain-lain.

Untuk bisa menikmati global scenery, kamu harus berlangganan dulu sekitar Rp. 85.000 perbulan (harga saat tulisan ini dibuat). Sedangkan untuk versi gratisnya kamu hanya bisa terbang di 5 wilayah saja.

Massive Multiplayer Online (MMO)

Massive Multiplayer Online
Source: x-plane.com/mobile/

Tak cukup di situ saja, belum lama ini X-Plane juga meluncurkan fitur Massive Multiplayer Online yang memungkinkan kita untuk terbang bersama pemain lainnya di seluruh dunia. Tentu saja fitur ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya.

Langkah ini dilakukan X-Plane untuk dapat bersaing dengan Infinite Flight dan Real Flight Simulator (RFS) yang lebih dulu menyediakan fitur online multiplayer.

Oh ya, untuk bisa menikmati fitur Massive Multipayer, kamu diharuskan untuk berlangganan versi pro. Tetapi pihak X-Plane tetap memberikan kesempatan bagi pengguna yang ingin mencoba fitur tersebut secara gratis untuk beberapa wilayah (selama akses gratis masih ada).

Loading...

Pesawat Terbang

Interaktif kokpit
Source: x-plane.com/mobile/

Salah satu kelebihan X-Plane yang tidak dimiliki oleh simulator pesawat lainnya adalah kokpit 3D yang sepenuhnya interaktif, termasuk FMS & GPS, serta dilengkapi dengan ratusan tombol yang bekerja layaknya pesawat sungguhan.

Dengan adanya fitur ini kamu dapat melakukan prosedur penerbangan seperti misalnya menyalakan mesin pesawat dari cold & dark, keren banget kan? Namun hanya beberapa pesawat saja yang dilengkapi dengan kokpit interaktif penuh, yaitu Cessna 172SP, Cirrus Vision SF50, dan B737-800.

Untuk saat ini X-Plane menyediakan 17 macam pesawat terbang mulai dari pesawat pribadi, pesawat penumpang, pesawat tempur, hingga helikopter. Dua di antaranya gratis dan selebihnya bisa digunakan jika kamu sudah berlangganan versi pro atau bisa juga dengan membeli pesawat secara permanen.

Berikut macam-macam pesawat terbang yang tersedia di X-Plane Flight Simulator:

  • Cessna 172SP
  • McDonnell Douglas MD-80
  • Beechcraft Baron B58
  • Piaggio P.180 Avanti
  • Sikorsky S-76
  • Cirrus Jet SF50
  • Boeing B777-200ER
  • Bombardier CRJ200
  • Boeing 737-800
  • Beechcraft King Air C90
  • A-10 Thunderbolt II
  • Douglas DC-3
  • F-22 Raptor
  • Boeing 747-400
  • Piper PA-18 Super Cub
  • Airbus A320
  • F-4 Phantom II

Salah satu kelebihan X-Plane adalah tekstur pesawat yang sangat detail dan mirip dengan aslinya, serta adanya wing flex (sayap fleksibel) saat pesawat mengalami goncangan atau turbulensi. Sayangnya X-Plane hanya menyediakan livery yang sangat terbatas dan tidak satupun livery dari maskapai asal Indonesia. Semoga kedepannya X-Plane menambahkan livery yang lebih banyak lagi.

Grafis yang Realistis

grafis realistis
Source: x-plane.com/mobile/

Tak kalah keren dari versi PC, X-Plane Mobile hadir dengan kualitas grafis yang sangat realistis. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan siang, malam, sunset, dan sunrise. Ada pula pilihan untuk mengkustomisasi waktu, maupun menggunakan waktu dunia nyata.

Selain itu kamu juga bisa melakukan kustomisasi cuaca seperti ketebalan awan, hujan, petir, kecepatan dan arah angin, turbulensi dan sebagainya. Namun sayangnya saat ini X-Plane belum menghadirkan fitur real world weather seperti yang ada pada Infinite Flight.

bandara 3D
Source: x-plane.com/mobile/

Yang menambah kesan realistis pada X-Plane Mobile adalah adanya bangunan 3D seperti gedung-gedung perkotaan, bandara 3D, hangar, terminal 3D, serta kendaraan seperti truk dan lain-lain yang tidak dmiliki oleh simulator pesawat lainnya.

Kekurangan X-Plane Mobile

Selama admin memainkan X-Plane Mobile, ada banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki pesaingnya. Namun, dibalik itu semua masih ada kekurangan yang harus ditingkatkan kedepannya. Berikut kekurangan X-Plane Mobile menurut admin pribadi:

  • Tidak ada ATC (Air Traffic Control), Sebagai simulator pesawat terbang, keberadaan ATC sangatlah penting agar pemain dapat terbang dengan tertib sesuai prosedur.
  • Camera view yang terbatas, Saat ini admin merasa camera view pada X-Plane masih sangat terbatas, terutama pada bagian tertentu pada pesawat dan juga tidak tersedianya view spotting dari tower.
  • Replay yang terbatas, X-Plane menyediakan replay selama beberapa detik saja, sehingga pemain tidak bisa menyaksikan momen tertentu yang sangat penting. Berbeda dengan Infinite Flight yang menyediakan replay mulai dari awal hingga penerbangan berakhir.

Nah, itu dia review singkat tentang X-Plane Mobile yang bisa kamu jadikan sebagai referensi bagi kamu yang sedang mencari simulator pesawat terbaik. Semoga kedepannya pihak X-Plane menambahkan fitur baru terutama untuk ATC, camera view dan replay.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya.