Waspada! Ini Tanda-tanda HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone android dari tahun ke tahun, membuat para hacker atau penjahat cyber menargetkan pengguna android sebagai sasarannya. Parahnya lagi, lebih dari 50 persen virus atau malware berbahaya dibuat untuk menyerang perangkat android.

Tentu hal ini menjadi ancaman bagi kita yang sering menggunakan hp android untuk melakukan berbagai aktifitas seperti belanja online, mobile banking, dan transaksi perbankan lainnya. Jika kita lengah sedikit saja, maka segala aktifitas yang berhubungan dengan internet bisa dengan mudah dimata-matai oleh para hacker, bahkan mereka bisa mencuri data-data penting lainnya.

Apakah hp android yang kamu pakai saat ini sudah terinfeksi virus atau malware berbahaya? Untuk mengetahuinya, pada artikel kali ini admin akan share ciri-ciri atau tanda-tanda hp android terkena virus dan bagaimana cara memperbaikinya.

Tanda-tanda Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

 

1. Muncul Iklan Pop-up Secara Berulang-ulang

Beberapa dari kamu mungkin pernah melihat jenis virus yang satu ini. Misalnya ketika kita sedang tidak melakukan apa-apa, tiba-tiba saja muncul semacam iklan pop-up yang memenuhi layar hp, contohnya di homescreen atau menu lainnya. Mungkin kamu bingung dari mana asalanya pop-up tersebut.

Biasanya virus ini masuk ke smartphone android ketika kita mendowload sebuah file pada situs tertentu. Bukannya mendapatkan file yang kita inginkan, tetapi malah mendownload virus secara tidak sengaja. Akibatnya, muncul virus iklan pop-up di mana-mana dan tidak bisa dihentikan. Biasanya jenis virus ini berupa sebuah aplikasi dengan nama atau logo yang aneh.

Cara mengatasinya:

  • Masuk ke menu Settings/Setelan -> Aplikasi terinstall.
  • Cari aplikasi yang menurut kamu aneh atau mencurigakan.
  • Silakan kamu hapus aplikasi yang mencurigakan tersebut.

Jika aplikasi yang mencurigakan tersebut tidak bisa dihapus, silakan kamu baca: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Bisa Dihapus.

Penting: Jangan sekali-kali kamu meng-klik pop-up tersebut jika muncul. Bisa jadi itu bukan iklan, tetapi sebuah jebakan atau sejenis phising yang akan mencuri data penting atau akun kamu.

 

2. Baterai HP Boros

Jika kamu merasa baterai smartphone android kamu boros atau cepat habis dari yang biasanya walaupun kamu menggunakan android secara wajar, bisa jadi itu disebabkan oleh virus atau malware. Biasanya virus bekerja secara diam-diam di latar belakang (background) sehingga kita tidak menyadarinya.

Salah satu dampaknya adalah baterai hp menjadi boros meski kita tidak melakukan apa-apa. Cara mengatasinya sama dengan yang sebelumnya, kamu perlu mencari aplikasi mencurigakan yang diduga virus, lalu menghapusnya.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Merawat Baterai Android Agar Tetap Awet

3. Kuota Internet Boros

Tanda-tanda android terkena virus selanjutnya adalah kuota internet yang cepat habis padahal kita menggunakan internet sewajarnya saja. Bisa jadi ini disebabkan oleh virus yang diam-diam mencuri data-data pribadi milik kamu, misalnya mencuri foto dan jenis file penting lainnya yang ada di smartphone, lalu mengirimnya ke server tertentu.

Sehingga dampaknya adalah kuota internet kamu menjadi lebih boros dari biasanya. Untuk mengatasinya, kamu bisa cek aplikasi apa saja yang banyak memakan kuota. Caranya masuk ke menu Settings -> Data usage. Jika aplikasi tersebut memang sering kamu gunakan itu tidak masalah, namun jika ada aplikasi mencurigakan yang memakan banyak kuota internet, kamu harus sesegera mungkin menghapusnya.

4. Smartphone Android Lemot

HP android yang lemot atau sering ngelag merupakan kejadian yang wajar, biasanya ini terjadi karena android menjalankan banyak aplikasi sekaligus, sehingga memakan banyak RAM. Atau bisa juga karena kapasitas memori internal yang hampir penuh.

Namun bagaimana jika smartphone kamu lemot meskipun aplikasi yang kamu gunakan hanya satu atau dua saja? Hal ini patut untuk kamu curigai, jangan-jangan android kamu dipenuhi oleh virus yang bekerja diam-diam di background. Cara mengatasinya tentu saja kamu harus mencari aplikasi mencurigakan tersebut dan menghapusnya.

5. Sering Restart Sendiri

Jika hp android kamu sering mati sendiri atau restart dengan sendirinya, kemungkinan besar sistem android kamu terganggu. Salah satu penyebabnya adalah virus yang menyerang dan merusak sistem android sehingga menyebabkan hp sering reboot sendiri. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus, kamu bisa menggunakan salah satu dari 10 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android.

Kesimpulan:
Virus atau malware yang menyerang android sangat beragam dan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jika tips yang Konyoha bagikan di atas tidak berhasil menghilangkan virus yang bersarang di hp kamu, cara terakhir dan paling ampuh menghilangkan virus dari android kamu adalah dengan Cara Reset Ulang HP Android (Factory Reset) Semua Merk. Cara ini merupakan jalan terakhir yang dapat kamu tempuh jika virus atau malware tidak bisa hilang dari smartphone kamu.

Itu dia tanda-tanda hp android terkena virus yang patut untuk kamu waspadai. Jika ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan terkait pembahasan di atas, jangan sungkan untuk berkomentar ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Bagikan:

2 Comments on “Waspada! Ini Tanda-tanda HP Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *