Cara Mengatasi Ubuntu Software Center Tidak Bisa Dibuka Setelah Install Ubuntu

Beberapa hari yang lalu admin mengalami masalah setelah melakukan instalasi Ubuntu Linux, yakni tidak bisa membuka Ubuntu Software Center. Setelah mencari informasi di internet, ternyata banyak yang mengalami hal serupa. Bahkan masalah tersebut tidak hanya bisa terjadi setelah instalasi Ubuntu saja, ada juga yang mengelaminya setelah melakukan update Ubuntu.

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu kelebihan Ubuntu Linux adalah adanya Software Center yang menyediakan beragam aplikasi untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan install atau uninstall program.

Jika Ubuntu Software Center tidak bisa dibuka, tentu akan menyulitkan kita yang baru belajar Ubuntu untuk mendapatkan apliksi yang dibutuhkan. Untuk itu pada artikel ini Konyoha akan share bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

Cara Mengatasi Ubuntu Software Center Tidak Bisa Dibuka

  • Pertama sekali pastikan komputer kamu telah terhubung ke internet.
  • Buka terminal dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T.
  • Masuk sebagai root dengan cara mengetikkan perintah sudo su, lalu masukkan password root kamu.
  • Setelah masuk sebagai root, ketikkan perintah rm /var/lib/apt/lists/* -vf lalu tekan Enter.
  • Terakhir, ketikkan perintah apt-get update lalu tunggu beberapa menit sampai proses update selesai.

Silakan dibuka Ubuntu Software Center di komputer kamu dan selamat 🙂 sekarang error nya sudah hilang. Demikianlah tutorial tentang cara mengatasi atau memperbaiki Ubuntu Software Center yang tidak bisa dibuka setelah install atau update Ubuntu. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar ya, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *