Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Jaringan WiFi? Begini Cara Mengatasinya

Jaringan WiFi merupakan salah satu teknologi yang menawarkan kecepatan tinggi dalam mentransfer data yang pada umumnya sudah dimiliki oleh perangkat laptop, smartphone, maupun tablet saat ini. Sehingga jaringan WiFi sudah menjadi bagian terpenting untuk konektivitas internet demi melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari.

Namun, saat ini banyak pengguna laptop yang mengalami masalah pada saat ingin mengkoneksikan laptopnya ke jaringan wifi. Ada yang tidak bisa mendeteksi jaringan di sekitar, dan ada juga yang WiFi-nya tidak mau menyala. Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari masalah yang ringan, sampai dengan masalah yang sangat serius. Tetapi banyak dari pengguna laptop yang tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab WiFi rusak, sehingga mereka memutuskan untuk memperbaikinya ke tempat service.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal serupa dan tidak bisa memperbaikinya, jangan buru-buru membawa laptopnya ke tempat service. Karena bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal kecil dan kemungkinan laptop kamu bisa normal kembali tanpa harus membawanya ke tempat service. Untuk itu silakan disimak beberapa tips tentang cara memperbaiki wifi laptop rusak di bawah ini ya.

Penyebab WiFi Laptop Rusak dan Cara Memperbaikinya

 

1. Pastikan Dulu WiFi Sudah Menyala Atau Belum

Selama ini banyak sekali kejadian yang dialami pengguna laptop karena mereka tidak menyadari bahwa WiFi dalam keadaan mati. Terkadang karena hal sepele tersebut banyak mereka yang frustasi gara-gara tidak bisa menemukan jaringan WiFi meskipun sedang berada di area dengan jangkauan WiFi yang kuat.

Untuk itu silakan cek apakah WiFi kamu sudah dinyalakan atau belum. Jika memang dalam keadaan mati, silakan dinyalakan dengan menekan tombol WiFi yang ada pada keyboard. Biasanya setiap merk laptop memiliki tombol WiFi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya bisa kita lihat langsung ke keyboard tombol yang memiliki logo atau gambar WiFi.

2. Rusaknya Tombol Untuk Menyalakan WiFi

Selain itu penyebab WiFi yang tidak bisa menyala adalah rusaknya tombol untuk menyalakan WiFi tersebut. Untuk menyalakan WiFi di laptop biasanya kita menggunakan kombinasi tombol seperti Fn+F12 atau ada juga laptop yang menggunakan tombol khusus dan berbeda-beda pada setiap merk-nya. Tombol tersebut bisa jadi mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menghidupkan jaringan WiFi di laptop meskipun sudah dipencet berkali-kali.

Jika tombolnya benar-benar rusak, kita bisa menyalakan WiFi-nya lewat menu WiFi Adapter yang ada pada Control Panel, berikut caranya:

Klik Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change adapter settings. Lalu kita akan masuk ke menu Network Connections dan terdapat beberapa adapter di dalamnya. Untuk mengaktifkan WiFi klik kanan pada Wireless Network Connection, lalu pilih Enable.

carav memperbaiki wifi rusak

Sampai di sini konektivitas WiFi sudah berhasil diaktifkan, sekarang saatnya kita  mencoba untuk mencari jaringan WiFi yang tersedia di sekitar, jika ketemu berarti WiFi kamu masih berfungsi dengan baik. Hanya saja tidak dalam keadaan menyala.

3. Driver Bermasalah

Driver memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah komputer, karena fungsinya untuk mengendalikan perangkat keras (hardware) pada sebuah komputer, termasuk perangkat WiFi itu sendiri. Jika driver WiFi mengalami masalah atau kerusakan, tentu saja akan mengakibatkan jaringan tidak terbaca.

Yang harus kita lakukan adalah menginstall ulang driver yang bermasalah tersebut. Biasanya driver disediakan dalam CD yang disertakan dalam pembelian. Jika kamu tidak memiliki CD-nya, kamu bisa mendownload driver melalui beberapa situs penyedia driver yang cocok dengan merk dan tipe laptop kamu. Silakan cari di google dengan kata kunci misalnya “Cara install driver laptop HP Pavillion G4”. Jika sudah diinstall ulang silakan dicoba kembali apakah sudah terdeteksi atau belum.

4. Kartu Jaringan Sudah Rusak

Jika beberapa cara di atas masih tidak berhasil, maka kemungkinan besar penyebab jaringan WiFi tidak terdeteksi adalah rusaknya kartu jaringan pada laptop kamu. Jika hal itu memang terjadi, maka satu-satunya jalan yang bisa kamu tempuh adalah dengan membawanya ke tempat service komputer dan mengganti kartu jaringan dengan yang baru.

Baca juga:

Untuk harganya sendiri juga bevariasi tergantung merk yang digunakan. Jika kamu tidak memiliki cukup uang, kamu bisa menggunakan cara alternatif dengan membeli WiFi Adapter Portable. Dengan menggunakan WiFi Adapter Portable ini laptop kita bisa terhubung ke jaringan WiFi seperti sedia kala. Bentuknya kurang lebih seperti flashdisk dan tinggal dicolokkan ke port USB lalu install drivernya, setelah itu siap disambungkan ke jaringan. Untuk harganya sendiri juga tergolong murah, bahkan ada yang 50 ribuan.

carav memperbaiki wifi rusak

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba jika laptop kamu tidak bisa menemukan jaringan WiFi di sekitar. Sebenarnya masalah yang terjadi pada WiFi bisa diatasi dengan mudah asalkan kita tahu masalahnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Bagikan:

3 Comments on “Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Jaringan WiFi? Begini Cara Mengatasinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *